Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Gedung Isolasi Terpusat Rusunawa RSUD Suradadi Sudah Bisa Ditempati, Sediakan 132 Tempat Tidur

Tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal yang berbentuk gedung Rusunawa resmi bisa ditempati mulai hari Senin (19/7/2021)

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Foto fasilitas yang ada di tiap unit (kamar) Rusunawa RSUD Suradadi yang dijadikan tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan, Senin (19/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal yang berbentuk gedung Rusunawa resmi bisa ditempati mulai hari Senin (19/7/2021).

Rusunawa yang berlokasi di area RSUD Suradadi ini, memiliki 132 tempat tidur dengan masing-masing unit (kamar) bisa diisi tiga orang di ruang terpisah.

Direktur RSUD Suradadi Ruszaeni menjelaskan, Rusunawa isolasi terpusat ini memiliki tiga lantai terbagi sesuai tahapan.

Seperti lantai tiga dipakai untuk pasien Covid-19 yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), sedangkan lantai satu untuk pasien bergejala ringan, dan lantai dua tentatif atau menyesuaikan kondisi.

Semisal lantai satu kamar sudah penuh maka akan dialihkan ke lantai dua. Begitu juga ketika pasien OTG melonjak dan jumlah kamar di lantai tiga kurang maka akan dialihkan ke lantai dua.

"Perlu saya sampaikan rusunawa ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan. Sedangkan yang sudah masuk kategori bergejala sedang sampai berat harus dirawat di RSUD Suradadi. Hari ini sudah mulai bisa digunakan tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku," ungkap Ruszaeni, pada Tribunjateng.com.

Adapun alur rujukan ke tempat isolasi terpusat ini, lanjutnya, warga harus sudah memiliki dan menunjukan hasil rapid antigen atau swab PCR dengan hasil positif. Karena ketika hasilnya negatif maka tidak akan diterima. 

Selain itu sudah dikoordinasikan ke perangkat desa dan Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

Secara teknis warga yang ingin isolasi mandiri di rusunawa terpusat, dari rumah menuju lokasi tidak boleh diantar karena dikhawatirkan bisa menularkan. 

Sehingga harus dikoordinasikan dengan pemerintah desa, Satgas Jogo Tonggo, Puskesmas, apakah perlu dijemput dengan ambulance atau bagaimana. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved