Breaking News:

Berita Kendal

Ditemukan Cacing Hati pada 6 Ekor Sapi Kurban di Kendal, Dinas Pangan: Dikubur Saja

Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal kembali menerjunkan petugas pemeriksaan hati hewan kurban di 20 kecamatan yang ada. Hal itu menyusul temuan 6

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Petugas melakukan pemeriksaan hati hewan kurban untuk mengetahui infeksi cacing hati, Rabu (21/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal kembali menerjunkan petugas pemeriksaan hati hewan kurban di 20 kecamatan yang ada.

Hal itu menyusul temuan 6 hati sapi di Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong mengandung cacing hati menyeluruh pada pemeriksaan hari pertama kurban.

Selain itu, petugas juga menemukan satu hati kambing yang terinfeksi pneumonia atau radang paru-paru. 

Dokter hewan pada DPP Kendal, Ahmad Septian mengatakan, di hari pertama penyembelihan hewan kurban kemarin, timnya melakukan pemeriksaan 9 titik pemotongan hewan kurban di Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong.

Baca juga: Dokter Hewan DPP Kendal: Cacing Hati Tidak Bisa Dilihat dari Fisik Hewan Kurban, Perlu Mendetail

Hasilnya, ditemukan 6 hati sapi yang terinfeksi cacing dan 1 kambing terkena radang paru-paru di 5 titik. 

Atas temuan itu, ia mengimbau panitia pelaksana pemotongan hewan kurban untuk membuangnya dengan cara dikubur.

Tujuannya, agar hati sapi yang terinfeksi tidak ditemukan masyarakat lain dan disalahgunakan.

Hati sapi yang mengalami infeksi cacing hati sehingga tidak layak untuk dikonsumsi yang ditemukan petugas di Kendal dalam penyembelihan hewan kurban Idul Adha 2021.
Hati sapi yang mengalami infeksi cacing hati sehingga tidak layak untuk dikonsumsi yang ditemukan petugas di Kendal dalam penyembelihan hewan kurban Idul Adha 2021. (TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM)

"Untuk temuan cacing hati, karena kita temukan menyeluruh hati, tidak hanya satu logus saja, maka kita minta agar dikuburkan karena tidak layak konsumsi. Kalau untuk temuan pada kambing ada satu yang terkena radang paru-paru, masih bisa dikonsumsi asalkan dimasak dengan matang," terangnya, Rabu (21/7/2021).

Septian melanjutkan, untuk mengetahui adanya cacing dalam hati hewan tidak bisa dilihat bentuk fisiknya. Perlu dilakukan pemeriksaan mendetail pada hati sapi yang sudah dipotong. 

Ia berharap, masyarakat ikut serta mengecek kelayakan hati hewan kurban sebelum dibagikan atau dikonsumsi. Karena, keterbatasan SDM yang ada tidak bisa menjangkau semua tempat pemotongan di Kabupaten Kendal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved