Breaking News:

Fokus

Fokus : PPKM Superduperdarurat

HARAPAN banyak orang bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali akan berakhir

Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/bram
Achiar Permana wartawan tribun jateng 

Oleh Achiar M Permana

Wartawan Tribun Jateng

HARAPAN banyak orang bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali akan berakhir, akhirnya terpenuhi. PPKM Darurat benar-benar rampung tepat waktu, pada 20 Juli 2021, setelah berlaku selama 17 hari, sejak 3 Juli 2021.

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk “tidak memperpanjang” PPKM Darurat. Pada konferensi pers secara virtual, Selasa (20/7/2021) malam, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah memberlakukan PPKM Level 4 untuk Jawa-Bali, mulai 21-25 Juli 2021.

“Halah, jas bukak iket blangkon. Sama jugak sami mawon,” tiba-tiba Dawir, sedulur batin saya, nyeletuk dari balik tengkuk.

Dalam penjelasannya, Jokowi menyampaikan bahwa jika tren kasus Covid-19 terus menurun, pemerintah segera melakukan pembukaan pengetatan atau relaksasi secara bertahap, pada 26 Juli 2021. "Jika tren kasus terus mengalami penurunan maka 26 Juli 2021, Pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," ujar Jokowi.

Esoknya, pada Rabu (21/7/2021) pagi, Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membagikan dokumen Instruksi Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Dalam Inmendagri yang telah resmi diteken Mendagri, Tito Karnavian, itu istilah PPKM darurat tidak lagi digunakan. Sebagai gantinya, Inmendagri menyebut PPKM Level 4 Covid-19 Jawa dan Bali.

Menurut Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives), Luhut Binsar Panjaitan, Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk tidak lagi menggunakan istilah PPKM Darurat. Sebutan untuk pengetatan saat ini diganti dengan "PPKM Level 4".

"Presiden memerintahkan agar tidak lagi menggunakan nama PPKM Darurat ataupun mikro. Namun, kita gunakan yang sederhana, yaitu PPKM Level 4 yang berlaku hingga tanggal 25 Juli 2021," ujar Luhut, dalam konferensi pers virtual, pada Rabu (21/7/2021) malam.

Rupanya, setahun lebih pandemi Covid-19 di Tanah Air, tidak juga memunculkan resep penanganan yang cespleng. Sepertinya, Pemerintah masih pada batas mencoba-coba formula yang tepat untuk menangani aksi ganas corona.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved