Breaking News:

Berita Internasional

Iran Tanggapi Ancaman AS-Inggris, Peringatkan Akan Membalas jika Keamanan Negara Terancam

Menanggapi ancaman Inggris dan AS, Iran menyatakan akan mempertahankan dan melindungi keamanan negaranya.

Tribunnews.com/AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Senin (2/8/2021) memperbarui ancamannya tentang "reaksi kolektif" ke Iran, yang dituduh menyerang kapal tanker yang terkait dengan Israel. 

TRIBUNJATENG.COM – Senin (2/8/2021), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, negaranya akan menanggapi setiap ancaman terhadap keamanan negaranya.

Hal itu disampaikan setelah Amerika Serikat, Inggris, dan Israel menuduh Iran berada di balik serangan terhadap sebuah kapal tanker Mercer Street di lepas pantai Oman.

Iran sejauh ini telah membantah terlibat dalam serangan pada Kamis (29/7/2021) yang menewaskan dua orang, yaitu warga Inggris dan warga Rumania.

Baca juga: Min Aung Hlaing Tunjuk Dirinya Jadi Perdana Menteri Baru Myanmar, Militer Akan Berkuasa hingga 2023

Hari Minggu (1/8/2021), AS dan Inggris menyatakan akan bekerja sama dengan sekutu untuk menanggapi serangan terhadap kapal yang dikelola miliarder Israel itu.

Amerika Serikat dan Inggris mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka akan bekerja dengan sekutu mereka untuk menanggapi serangan di Mercer Street, sebuah kapal tanker produk minyak milik Jepang berbendera Liberia yang dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menggambarkan insiden itu sebagai "jelas serangan yang tidak dapat diterima dan keterlaluan terhadap pengiriman komersial".

"Iran harus menghadapi konsekuensi dari apa yang telah mereka lakukan," kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson kepada wartawan, Senin (2/8/2021). Inggris memanggil Duta Besar Iran pada hari Senin.

Dikutip dari Channel News  Asia, kantor berita semi resmi Iran, Fars, menyebutkan bahwa Iran juga memanggil Kuasa Usaha Inggris dan utusan utama Rumania di Teheran atas tuduhan negara mereka terhadap Republik Islam.

Tidak Ragu

Menanggapi ancaman Inggris dan AS, Iran menyatakan akan mempertahankan dan melindungi keamanan negaranya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved