Berita Semarang

Museum Kota Lama Semarang Segera Jadi, Pakai Teknologi Emersif

Kota Semarang bakal punya museum di kawasan Kota Lama Semarang yang memiliki teknologi canggih.

Penulis: budi susanto | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Seorang pengguna jalan melintas di depan Museum Kota Lama, yang terletak di Bundaran Bubakan Kota Semarang, Minggu (15/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kota Semarang bakal punya museum di kawasan Kota Lama Semarang yang memiliki teknologi canggih.

Museum Kota Lama tersebut terletak di tengah bundaran Bubakan, dan masih satu komplek dengan Kota Lama Semarang.

Di museum tersebut nantinya akan dibenamkan teknologi emersif, yang belum pernah ada di museum di Indonesia.

Teknologi imersif merupakan teknologi yang mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital, yang nantinya pengunjung akan merasakan visual layaknya dunia nyata saat memasuki museum.

Operasional museum tersebut kini memasuki tahap perijinan yang tengah diajukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang ke Pemprov Jateng.

Menurut Kepala Disbudpar Kota Semarang, Indriyasari, proses perijinan memasuki tahap penilaian oleh tim verifikasi museum pusat melalui Disdikbud Provinsi Jateng.

“Jika perijinan dan verifikasi sudah keluar, kemungkinan 2022 mendatang Museum Kota Lama akan beroprasi,” jelasnya, Minggu (15/8/2021).

Menyoal anggaran, Indriyasari menuturkan, Pemkot telah mempersiapkan alokasi dana untuk operasional museum.

"Dana untuk operasional akan dianggarkan tahun depan, kalau anggaran tahun ini tidak mencukupi,” paparnya.

Diterangkannya, beberapa persyaratan agar Museum Kota Lama layak beroprasi juga telah mendapat solusi.

“Misalnya harus ada kantor dan ruang penyimpanan koleksi museum, hal itu sudah kami buat. Selain itu harus ada koleksi yang dipamerkan, untuk koleksi kami bekerjasama dengan Museum Ronggowarsito Jateng, dan museum di Yogyakarta untuk menyediakan koleksi,” katanya.

Terpisah, menurut Joseph Army Sadhyoko, Pengajar Sejarah di SMA Loyola Kota Semarang, penambahan museum di Kota Semarang dirasa penting guna menambah referensi terkait pengetahuan sejarah.

“Ya sangat penting, misalnya Museum Kota Lama menyajikan koleksi khusus mengenai Kota Lama, pastinya jadi referensi bagi para pelajar. Tak hanya itu, adanya museum baru di kawasa Kota Lama juga menambah destinasi wisata yang ada di Kota Semarang,” tambahnya.

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved