Breaking News:

Berita Kota Pekalongan

BPBD Kota Pekalongan Berikan Berbagai Cara Penanggulangan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Jawa Tengah melaksanakan sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana kepada masyarakat

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: Catur waskito Edy

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Jawa Tengah melaksanakan sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana kepada masyarakat umum dan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar mereka membiasakan diri apabila di daerah tersebut dilanda bencana. Pelatihan ini dilaksanakan di halaman Pemkot Pekalongan.

Berbagai materi diajarkan, seperti teknik memadamkan api tabung gas elpiji menggunakan peralatan sederhana hingga menggunakan alat pemadam api ringan (apar).

"Adanya pelatihan pemadaman kebakaran ini sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurangi risiko kebencanaan terutama kebakaran," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan Saminta saat rilis yang diterima Tribunjateng.com, Sabtu (28/8/2021).

Menurutnya, tujuan dari sosialisasi ini untuk mengurangi angka kerugian, baik materi dan korban jiwa jika terjadi bencana kebakaran.

"Simulasi ini harapannya memberikan edukasi kepada masyarakat manakala terjadi sesuatu kan gitu. Ikut bekerja, namun memberikan informasi-informasi pemahaman kepada masyarakat dan sebabnya," ujarnya.

Selain itu, media juga memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan bencana sehingga perlu ada peningkatan profesionalisme dalam peliputan penanggulangan bencana. Dimana, media berkontribusi besar dalam melambungkan pemahaman masyarakat soal mitigasi bencana.

"Media memiliki peran penting dalam upaya penanggulan bencana, sehingga perlu ada peningkatan profesionalisme dalam peliputan penanggulangan bencana."

"Peliputan tidak hanya terfokus pada respon terhadap bencana, tetapi juga harus ada kepedulian dan pemahaman masyarakat melalui media tentang upaya-upaya penanggulangan bencana yang lebih signifikan dan seluas-luasnya terhadap bencana yang selama ini terjadi," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengapresiasi kegiatan sosialisasi kebencanaan yang diselenggarakan BPBD Kota Pekalongan.

Terlebih, saat ini sudah hampir memasuki musim penghujan tentu antisipasi kebencanaan ini harus dipersiapkan secara lebih optimal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved