Breaking News:

Berita Kendal

Dinas PUPR Kendal Targetkan Pembukaan Jalan Terpotong Kecamatan Gemuh-Patean Rampung 2022

Pemerintah Kabupaten Kendal melalui DPUPR berupaya penuh membuka akses jalan penghubung Kendal bawah dan atas.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Dinas PUPR Kendal meninjau jalan penghubung Kecamatan Gemuh dengan Kecamatan Patean yang rusak belum bisa dilalui kendaraan, Jumat (3/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) berupaya penuh membuka akses jalan penghubung Kendal bawah dan atas melalui Desa Sojomerto Kecamatan Gemuh menuju Desa Kalices Kecamatan Patean.

Betonisasi sepanjang 25 kilometer terus dikebut dan ditarget selesai pada 2022 nanti.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiono mengatakan, hingga September 2021 ini progres pekerjaan masih menyisakan 1,4 kilometer yang belum bisa dibetonisasi.

Sepanjang 300 meter di antaranya menjadi titik terparah di puncak perbukitan yang memerlukan penanganan khusus.

Baca juga: Terungkap, Ini Sosok Perempuan Pencuri Motor di Sampangan Pasar Kliwon Solo, Begini Kronologinya 

Baca juga: Gubernur Ganjar Pranowo Sidak Pengunjung GOR Tri Lomba Juang Semarang Ingatkan Protokol Kesehatan

Baca juga: Masuk ke Rumah Warga di Wilayah Jaten Karanganyar, Lalu Curi Uang, Pemuda Ini Tepergok Pemilik Rumah

Pihaknya masih membutuhkan anggaran senilai Rp 6 miliar untuk membenahi senderan badan jalan, jembatan dan gorong-gorong, hingga betonisasi agar akses jalan penghubung dua kecamatan ini bisa dilalui mobil.

"Di sisa 2021 ini, kita hanya mendapatkan anggaran perubahan dari APBD 200 juta. Untuk memperbaiki senderan saja enggak cukup. Kita berharap ada anggaran dari BanProv agar sisa jalan yang belum tersentuh bisa selesai tahun depan," terangnya saat meninjau lokasi, Jumat (3/9/2021).

Sugiono melanjutkan, pembukaan jalan melalui perbukitan ini sudah dimulai sejak 2017 lalu.

Proyek pekerjaan diperkirakan sudah menelan anggaran Rp 50 miliar dari DAK, BanProv, dan APBD untuk melakukan betonisasi 25 kilometer jalan selebar 4 meter.

Akses jalur alternatif Kecamatan Gemuh menuju Kecamatan Pageruyung di atas perbukitan yang mulai dibetonisasi, Jumat (3/9/2021).
Akses jalur alternatif Kecamatan Gemuh menuju Kecamatan Pageruyung di atas perbukitan yang mulai dibetonisasi, Jumat (3/9/2021). (TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM)

Sepanjang itu juga dilakukan perbaikan belasan gorong-gorong dan jembatan agar bisa dilalui mobil dari Kendal wilayah atas menuju Kota Kendal dan sebaliknya.

"Di sisa 2021 ini, kita harapkan bisa melakukan senderan, perbaikan badan jalan di titik 300 meter, agar jalan bisa terhubung. Kemudian di 2022 kita usahakan betonisasi jalan 1,4 kilometer," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved