Breaking News:

Berita Solo

Kisah Rumah Tahanan Solo Jadi Rutan Industri Pertama di Jateng

Warga Binaan Rutan Kelas I Solo kebanjiran pesanan berupa kaus sebanyak 3.000 biji, Selasa (7/9). Sebelumnya, rutan yang kini berubah menjadi industri

Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/suharno
Rutan Solo 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO -- Warga Binaan Rutan Kelas I Solo kebanjiran pesanan berupa kaus sebanyak 3.000 biji, Selasa (7/9).

Sebelumnya, rutan yang kini berubah menjadi industri garmen itu mendapatkan pesanan berupa goodie bag sebanyak 3.900 buah.

Kepala Rutan Klas I Solo, Urip Dharma Yoga, menyampaikan Selasa (7/9) kemarin, bahan kaus sudah datang. Diketahui, industri garmen di Rutan Klas I Solo merupakan hasil kerja sama dengan CV Amura Pratama.

"Mulai kami kerjakan, insyaallah, besok (Rabu hari ini—Red). Karena barang hari ini baru tiba sekira enam karung besar," ucapnya.

Urip menjelaskan, pabrik garmen di Rutan Kelas I Solo yang bekerja sama dengan CV Amura Pratama itu merupakan rutan industri pertama di Jawa Tengah.

"Kami bukan hanya melatih warga binaan, namun setelah dilakukan pelatihan menjahit juga mendapatkan pesanan," terangnya.

Dari hasil pesanan itu, lanjut Urip, warga binaan juga mendapatkan upah. Dari pesanan goodie bag sebelumnya, warga binaan mendapatkan upah Rp 2 ribu per goodie bag. "Bisa mengerjakan seharinya dapat berapa dikalikan Rp 2 ribu," jelasnya.

Pihaknya berupaya semaksimal mungkin akan mempertahankan keberadaan pabrik garmen itu untuk selamanya. Untuk menjadi bekal keterampilan bagi warga binaan.

"Selain itu untuk menjadi bekal pada warga binaan selama menjalani masa tahanan, termasuk upaya memberikan pelayanan pembinaan," terangnya.

Sementara itu, salah satu warga binaan, Dea mengaku, pada awal mendapatkan pelatihan masih kesulitan untuk mengikuti. "Tapi kalau sudah tahu polanya, saya bisa menyesuaikan," ucap narapidana kasus narkoba itu.

Setelah bebas, lanjut Dea, masih akan terus menggunakan kemampuan yang sudah dia dapatkan di dalam rutan. "Pasti. Ini kan juga ada program dari perusahaan setelah kami bebas bisa ngasih kerjaan," tandasnya. (kan)

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, PLN Kunjungi Pelanggan

Baca juga: 2 Jambret Ini Harus Relakan Motornya Setelah Berhasil Rampas Ponsel

Baca juga: Artis Cantik Ini Tolak Syuting Bareng Saipul Jamil: Drama yang Bikin Mual

Baca juga: BERITA LENGKAP: Proyek Revitalisasi Tahap 2 Alun-alun Kota Tegal Dimulai, Target Rampung Desember

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved