Breaking News:

Berita Solo

Dampak Pandemi, Satlantas Polresta Solo Akan Kedepankan Penindakan Tilang Berbasis Teknologi 

Satlantas Polresta Solo gunakan teknologi dan informasi dalam pelaksanaan tugas lalu lintas di wilayah hukum Polresta Solo. 

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: moh anhar
TribunJateng.com/Muhammad Sholekan
Polresta Solo bersama dengan Satpol PP Kota Solo saat melakukan penyekatan di Pos Makuta beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Satlantas Polresta Solo gunakan teknologi dan informasi dalam pelaksanaan tugas lalu lintas di wilayah hukum Polresta Solo. 

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra menyampaikan, adanya perkembangan teknologi, untuk memantau pelanggaran yang dilakukan pengguna kendaraan. 

"Alasannya, karena di masa pandemi ini kita wajib menjaga prokes dan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kepolisian," ucap Adhyt, Rabu (22/9/2021). 

Dia mengatakan, saat ini aplikasi yang telah digunakan adalah Sakpole, Kopek, ETLE, identifikasi kendaraan bermotor, BPKB online, dan aplikasi lain berbasis teknologi. 

Baca juga: Akhirnya Resepsi Pernikahan Boleh Digelar, Begini Aturan PPKM yang Diperpanjang hingga 4 Oktober

Baca juga: Kasus Positif Corona Terus Menurun, Indonesia Lepas Zona Merah Corona Mulai 19 September 2021

Baca juga: Temui Gubernur Ganjar, Dubes Denmark Akan Tingkatkan Investasi ke Jateng

Menurutnya, aplikasi tersebut dibuat jajaran Ditlantas Polda Jateng untuk memenuhi tuntutan kemajuan teknologi dan berfungsi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. 

"Bila masyarakat masih merasa canggung apakah layanan ini berlaku atau tidak, kami menegaskan layanan-layanan ini sudah dilaunching dan sudah berjalan," ungkapnya. 

Terkait penegakan hukum di lapangan, Adhyt mengatakan, tidak ada anggota kepolisian yang melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas secara konvensional. 

Penindakan harus dilakukan menggunakan sarana aplikasi elektronik yakni ETLE dan Kopek. 

"Jadi tidak ada lagi ada interaksi antara petugas dan pelanggar. Kami mengharap masyarakat untuk tidak menyuap petugas. Siapa pun yang melanggar akan kami foto dan proses," ungkapnya. 

Menurutnya, surat tilang akan diberikan setelah melakukan konfirmasi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved