Breaking News:

Guru Berkarya

Menyusun Surat Lamaran Kerja Menarik menggunakan Media Canva

Surat merupakan salah satu media komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis dari satu pihak ke pihak lainnya yang memiliki tujuan tertentu.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Dra Sunarmi, Guru SMKN 1 Pemalang 

Oleh: Dra Sunarmi, Guru SMKN 1 Pemalang

SURAT merupakan salah satu media komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis dari satu pihak ke pihak lainnya yang memiliki tujuan tertentu, baik berupa pemberitahuan, kerjasama maupun urusan bisnis. Menurut Barthos dalam Widyantoko (2013:11) surat dibedakan menjadi dua jenis yaitu surat dinas, surat niaga dan surat pribadi.

Surat lamaran pekerjaan tergabung ke dalam jenis surat dinas, yaitu surat yang dibuat oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan dan ditujukan kepada pejabat yang dapat memberikan pekerjaan. Materi surat lamaran pekerjaan sudah diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 di SMKN 1 Pemalang, yaitu di KD 4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatiakan isi, sistematika dan unsur kebahasaan.

Di materi  pembelajaran sudah diajarkan bahwa pembuatan surat lamaran pekerjaan dibedakan menjadi dua jenis. Masing-masing surat lamaran yang digabungkan dan surat lamaran model dipisahkan yang dalam praktiknya sering digunakan.

Menyusun surat lamaran pekerjaan menjadi hal penting yang wajib dikuasai oleh seluruh siswa. Menjadi sangat berguna ketika siswa akan mencoba melamar pekerjaan suatu hari nanti.

Di kelas 12 SMKN 1 Pemalang, ketika pembelajaran materi menyusun surat lamaran tahun ajaran sebelumnya masih banyak siswa yang belum bisa menyusun surat lamaran yang menarik. Oleh karena itu, di pembelajaran kali ini guru berusaha untuk membuat invoasi baru dengan memperkenalkan media Canva sebagai alat peraga untuk membuat surat lamaran model terpisah.

Menurut Etin Solihatin (2014), alat peraga adalah suatu alat atau benda yang dapat digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip maupun prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/konkret. Canva dapat digunakan sebagai alat peraga dalam mempelajari materi KD 4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatiakan isi, sistematika dan unsur kebahasaan di kelas 12 SMKN 1 Pemalang.

Ada beberapa tahap pembelajaran dalam materi itu. Pertama, guru menyiapkan tahapan pembuatan surat lamaran. Di antaranya surat lamaran yang sesuai SOP dan lampiran surat yaitu curriculum vitae yang sudah didesain menggunakan aplikasi Canva. Sementara itu, siswa diarahkan untuk mempersiapkan alat yaitu handphone/PC dan bahan pembuatan surat untuk kemudian dipraktikkan bersama-sama di dalam kelas.

Kedua, guru berperan dalam mengondisikan serta mengarahkan siswa dalam menyusun surat lamaran pekerjaan model terpisah. Ketiga, guru memastikan bahwa semua anak dapat memngakses Canva menggunakan aplikasi maupun menggunakan website.

Dengan menggunakan media atau alat peraga Canva, siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran,. Selain itu siswa akan lebih leluasa mengeskplorasi diri dengan menentukan desain curiculume vitae sesuai keinginan masing-masing.

Hasil desain yang telah disusun oleh siswa kelas 12 di SMKN 1 Pemalang sendiri sangat menarik. Desain yang dibuat beraneka ragam.

Selain itu jika ditinjau dari segi kaidah penulisan dan kebahasaan juga sudah sesuai dangan SOP pembuatan surat lamaran pekerjaan. Berdasarkan hasil karya siswa tersebut menggambarkan bahwa media/alat peraga Canva dapat digunakan untuk menyusun surat lamaran yang menarik.

Melalui pembelajaran kali ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat yaitu membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik ke dalam kehidupan sehari-hari. Terutama ketika siswa akan mengajukan surat lamaran pekerjaan suatu hari nanti. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved