Breaking News:

Berita Semarang

Peringati 10 Tahun Nationwide University Network Indonesia, Unika Gelar Donor Darah

Dalam rangka memperingati 10 tahun jaringan universitas dunia di Indonesia atau NUNI (Nationwide University Network Indonesia),

Istimewa
Rektor Unika Soegijapranata, Ferdinandus Hindiarto (kanan) memeriksakan kesehatan sebelum donor darah.dok Unika 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Dalam rangka memperingati 10 tahun jaringan universitas dunia di Indonesia atau NUNI (Nationwide University Network Indonesia), Unika Soegijapranata Semarang menyelenggaranan donor darah.

"Donor darah bagi saya adalah dua di antara peristiwa hidup yang melewati batas kemanusiaan," kata Rektor Unika Soegijapranata, Ferdinandus Hindiarto ketika membuka pelaksanaan donor darah, dalam siaran tertulis, Selasa (12/10/2021).

Donor darah dalam rangka memperingati 10 tahun NUNI (National Universities Network Indonesia) ini bertempat di Gedung Sporthall Yohanes Paulus II Unika, Senin (11/10/2021).

Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan, dua peristiwa hidup yang melewati batas kemanusiaan yakni pandemi covid dan donor darah.

Saat pandemi, setiap orang tanpa memandang golongan dan membeda-bedakan status sosial, semuanya terkena dampaknya.

Begitu pun dengan donor darah, yang mana dari dulu hingga sekarang tetap sama yakni melewati batas kemanusiaan. Karena pendonor tidak perlu tahu kepada siapa darahnya akan diberikan tanpa memandang perbedaan golongan atau perbedaan lainnya.

"Semoga semangat kemanusiaan ini bisa dihidupkan terus menerus. Tidak hanya saat hari ulang tahun NUNI, tetapi juga bisa diteruskan secara rutin," ucap rektor.

Sementara, anggota Komite NUNI, Heny Hartono menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah para civitas akademika di seluruh perguruan tinggi yang tergabung dalam NUNI, untuk tetap menghidupkan kepedulian terutama dari sisi kemanusiaan.

"NUNI adalah jejaring perguruan tinggi nusantara, dan Unika Soegijapranata merupakan salah satu anggota NUNI yang bergabung sejak pertama kali NUNI dideklarasikan. Dan dalam rangka memperingati 10 tahun NUNI, salah satu rangkaian kegiatannya adalah aksi sosial donor darah, dengan memilih tema Dari NUNI untuk Indonesia," terangnya.

Kegiatan aksi sosial ini dilakukan secara serentak di Indonesia. Ada sekitar delapan kota penyelenggaraan di Pulau Jawa dan Sulawesi.

Penyelenggaraan donor darah di Unika dilaksanakan selama dua hari yaitu Senin dan Selasa, 11 dan 12 Oktober 2021.

Harapannya selama dua hari ini, dapat terkumpul donor darah yang menjadi wujud kepedulian NUNI untuk kemanusiaan di Indonesia.

"Selain donor darah, NUNI juga menyelenggarakan kegiatan napak tilas NUNI, rapat tahunan NUNI, talkshow untuk mahasiswa sekaligus launching E-Book tulisan dari mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi anggota NUNI. Juga ada running dan cycling secara virtual serentak di seluruh Indonesia," katanya.(mam)

Baca juga: Bupati Kudus Target Pemberantasan Rokok Ilegal Memakai Teknologi Digital

Baca juga: Polisi Tetapkan Korban Begal Garut Jadi Tersangka, Aktingnya Bagus

Baca juga: Dua karakter Baru Genshin Impact Diperkenalkan : Arataki Itto dan Gorou

Baca juga: Cegah Abrasi Lewat Mageri Segoro, Polres Pati Tanam 5 Ribu Pohon Mangrove di Pesisir Bulumanis Kidul

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved