Breaking News:

Fokus

Fokus : Mencegah Tergenapinya Ramalan

Pemerintah mengeluarkan larangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) mengambil cuti dan bepergian ke luar kota pada 18-22 Oktober 2021 atau pekan depan.

Penulis: rika irawati | Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/grafis bram
Wartawan Tribun Jateng, Rika Irawati 

Oleh Rika Irawati

Wartawan Tribun Jateng

Pemerintah mengeluarkan larangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) mengambil cuti dan bepergian ke luar kota pada 18-22 Oktober 2021 atau pekan depan.

Ini terkait libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang semula ditetapkan 19 Oktober, kemudian digeser menjadi 20 Oktober. Tentu saja, pergeseran ini hanya soal libur, bukan esensi peringatan Maulid Nabi.

Pergeseran libur ini dilakukan untuk menghindari adanya harpitnas atau hari kecepit nasional yang biasanya dimanfaatkan ASN mengambil cuti untuk mendapatkan libur lebih panjang. Kalau hari libur Maulid Nabi tetap berlaku tanggal 19 Oktober 2021 atau hari Selasa, di khawatirkan, banyak ASN yang mengambil cuti pada 18 Oktober atau hari Senin.

Itu berarti, mereka bakal memiliki waktu libur empat hari, mulai Sabtu (16/10) hingga Selasa (19/10). Belum lagi, kalau ada yang mengambil cuti lebih dari satu hari, bisa lebih lama lagi.

Kalau sudah begitu, biasanya, mereka akan bepergian ke luar kota. Kalau sudah berkeluarga, mereka membawa serta anggota keluarga menuju tempat wisata atau pulang kampung.

Dan mayoritas warga, baik ASN, pegawai swasta, wiraswasta, bahkan kaum rebahan, memiliki pemikiran yang sama. Libur panjang, saatnya keluar kota untuk berwisata. "Refreshing" alasannya.

Maka, jadilah tempat-tempat wisata ramai. Restauran dan kafe, ramai. Mal juga tak kalah ramai. Akhirnya, potensi terjadi penularan Covid-19 besar.

Bukankah ada pembatasan kapasitas? Ya, benar. Namun, saat libur panjang terjadi dan masyarakat seakan lupa pada aturan mengurangi mobilitas karena keinginan bepergian yang menggebu, pengelola bisa apa? 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved