Breaking News:

DPRD Jateng

Komisi C DPRD Jateng Dorong Optimalisasi BUMD dan Aset Daerah Guna Tingkatkan PAD

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jateng Sriyanto Saputro mengatakan, selama ini terobosan BUMD untuk PAD belum terlihat, kecuali terobosan Bank Jateng.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: Daniel Ari Purnomo
DPRD Jateng
Wakil Ketua Komisi C DPRD Jateng Sriyanto Saputro memaparkan kondisi BUMD di Jateng dalam sebuah dialog, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta aset daerah perlu didorong guna bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Selama ini PAD Jateng masih bertopang pada pendapatan sektor pajak.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jateng Sriyanto Saputro mengatakan, selama ini terobosan BUMD untuk PAD belum terlihat, kecuali terobosan Bank Jateng.

"Sebenarnya DPRD Jateng sekarang ini tengah berupaya memetakan potensi BUMD yang ada sesuai dengan tingkat pengelolaan," katanya, dalam rilisnya, Jumat (21/10/2021).

Ia mengemukakan, ada BUMD dengan kondisi tidak sehat namun tetap dipertahankan, ada pula dengan pengelolaan yang sehat namun tidak bisa optimal.

"Untuk BUMD yang tidak sehat bagaimana tindak lanjutnya. Sebenarnya wacana melikuidasi BUMD yang tidak sehat telah bergulir lama. Ternyata kebijakan itu masih tarik ulur," paparnya.

Sriyanto juga menyebutkan mengenai kinerja BPR/BKK yang mulai membaik. Hanya saja untuk ekspansi lapangan terutama pada kelas mikro belum terlihat menonjol. Perlu penambahan modal supaya bisa menambah deviden pada PAD.

Bagaimana dengan BUMD yang lain? Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah Eddy Sulistiyo Bramiyanto mengakui ada BUMD yang sudah tidak kompeten untuk sekarang ini.

Bersama Komisi C DPRD Jateng, pihaknya akan berupaya mengoptimalkan peran BUMD. Dia mencontohkan seperti PT PRPP akan menjadi sebuah holding sektor pariwisata. PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT) tengah mengembangkan sektor peternakan.

"Daerah tanpa ditopang PAD bisa pincang. Salah satu upaya meningkatkan PAD adalah dengan mengoptimalkan BUMD," ucapnya. (Nal)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved