Wawancara Khusus

Juan Rama Belum Punya Kepercayaan Diri Saat Pertama Terjun Politik

Juan Rama Soemaemo menjadi anggota DPRD Kota Semarang termuda periode 2019 -2024.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: sujarwo
Dok. Tribun Jateng
Anggota DPRD Kota Semarang, Juan Rama Soemarmo 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Juan Rama Soemaemo menjadi anggota DPRD Kota Semarang termuda periode 2019 -2024.

Dia tidak pernah membayangkan terpilih menjadi anggota termuda DPRD Kota Semarang melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pemuda kelahiran 20 April 1987 terjun ke politik atas spirit dari saran Ibu bahwa putra Soemarmo harus membantu masyarakat. Berikut cuplikan wawancara khusus Tribun Jateng bersama Juan Rama Soemarmo. 

Apa Kesibukan Mas Rama Saat ini? 

Sebagai anggota DPRD Kota Semarang, selain rapat, ada kunjungan kerja ke kota/kabupaten lain. Kami juga selalu turun ke bawah. Apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi anggota dewan kami lakukan. 

Apakah dari kecil tertarik politik? 

Saya dari kecil tidak kepikiran jadi politisi. Saya mendaftar dan menyerahkan berkas pencalegan di DPC PKB itu H-5. Saya ini seperti kurang percaya diri. Saya ngukur awak. Apa yang jadi modal seorang calon legislatif waktu itu saya tidak punya. Sebelum-sebelumnya organisasi yang saya ikuti adalah organisasi hobi. 

Kuliah saya ilmu pemerintahan dan politik, tapi jurusannya administrasi bisnis. Saat itu, tidak ada hasrat untuk terjun politik. 

Akhirnya, bapak mendorong saya. Saya dikenalkan teman-teman bapak di dapil saya. Karena belun punya hasrat, akhirnya cuma melegakan bapak. Saya selalu curhat sama ibu apa yang saya rasakan, berat. Di H-7 pencalonan, ibu saya bilang untuk sama-sama maju, diniati ke masyarakat, dan mengangkat derajat orang tua serta keluarga. Saat itu, saya tidak menjawab iya atau tidak. Saya cuma diam. Saya cerita ke istri saya sepulang dari rumah orang tua. Saya pikir baik-baik akhirnya H-6 saya menyiapkan berkas-berkas. H-5 saya serhakan ke DPC.  

Perjalanan saya untuk maju sampai jadi hr ini tidak mudah. Sy sering sharing sama teman-teman khusunya yang seumuran atau di bawah saya karena perlu teman-teman tahu itu semua proses. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved