Breaking News:

Berita Karanganyar

Uji Coba Pelayanan Mal Pelayanan Publik Karanganyar Akan Dilakukan November 2021

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karanganyar akan melakukan uji coba pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Penulis: Agus Iswadi | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa (kerudung hitam) didampingi Kepala DPMPTSP Karanganyar meninjau gedung MPP Karanganyar, Jumat (29/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karanganyar akan melakukan uji coba pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) pada pertengahan November 2021.

MPP Karanganyar yang terletak di di Ngaliyan RT 2 RW 2 Jalan Lalung, Kelurahan Lalung Kecamatan Karanganyar tersebut, proses pembangunannya telah dilakukan pada Mei 2021.

Luas tanah MPP Karanganyar 4.489 meter persegi.

Anggaran pembangunan gedung dua lantai dengan luas total 1.016 meter persegi itu senilai Rp 3,8 miliar. 

Baca juga: Teror Maling di Ngaliyan Semarang, Bobol Rumah PNS dan Satpol PP, Bawa Kabur Barang-barang

Baca juga: Ada Kecurangan Tes CPNS di Banyak Tempat, Gubernur Ganjar Pranowo: Kalau di Jateng, Tidak Ada Ampun!

Baca juga: Peserta Piala Presiden Esports 2021 Tembus 107 Ribu Atlet

Kepala DPMPTSP Karanganyar, Timotius Suryadi menyampaikan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi yang nantinya tergabung dalam MPP Karanganyar.

Dari hasil koordinasi, ada 23 instansi baik itu instansi vertikal, kabupaten, provinsi dan BUMN serta BUMD yang tergabung dalam MPP. 

Secara keseluruhan ada 281 layanan yang nantinya dihadirkan di dalam pusat pelayanan tersebut. 

"Kami akan mencoba melakukan uji coba layanan pada pertengahan November. Tapi untuk launching menghadirkan menteri, kami belum menentukan waktu menunggu petunjuk dari bupati supaya ketika launching semua sudah siap betul," katanya saat kunjungan Kemenpan RB dalam persiapan operasional dan peresmian MPP Karanganyar di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat (29/10/2021). 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengungkapkan, Pemda komitmen untuk menghadirkan pusat pelayanan publik bagi masyarakat dengan membangun MPP. 

"Sekalipun belum sempurna, semangat kami, komitmen pemerintah sudah ditunjukan dengan membangun kantor (MPP). Pada 2022 sudah kita anggarkan untuk penyempurnaan," ungkapnya. 

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa mengatakan, adanya MPP dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan baik perizinan dan non perizinan telah tertuang dalam Perpres Nomor 89 Tahun 2021. 

Baca juga: Jelang Liga 3, Persip Pekalongan Luncurkan Kostum Jersey Kebanggaan

Baca juga: Tambah Destinasi Wisata, Pemkab Batang Bangun Taman Edukasi Jejak Sejarah Syailendra 

Baca juga: Hendi Gerakkan PNS Pemkot Semarang Untuk Belanja di Pasar Johar

Dia mengapresiasi upaya dari Pemkab Karanganyar untuk menghadirkan pusat pelayanan publik melalui MPP di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Pasalnya beberapa daerah banyak yang menunda untuk menghadirkan MPP karena salah satunya alokasi anggaran digunakan untuk penanganan Covid-19 terlebih dahulu.

"Menurut kami progres sangat baik. Dari 38 pimpinan daerah yang menandatangani komitmen (MPP) pada Maret lalu cukup banyak yang masih menunda," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved