Breaking News:

Berita Tegal

Mantan Teknisi Telkom Dalangi Aksi Pencurian Kabel di Tegal, Kerugian Tembus Rp 25 Juta

Banyak modus kejahatan yang bisa dilakukan untuk mengelabui, salah satunya menyamar sebagai teknisi Telkom Indonesia

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: rival al manaf

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Banyak modus kejahatan yang bisa dilakukan untuk mengelabui, salah satunya menyamar sebagai teknisi Telkom Indonesia dan berhasil mencuri kabel sepanjang 400 meter dengan nominal kerugian Rp 25 juta.

Dalam rilis kasus yang berlangsung di halaman Polres Tegal pada Selasa (9/11/2021) kemarin, terungkap pelaku berjumlah empat orang yaitu Deviana, Ranu, Arif Setiawan, dan Andi Purnomo.

Dari keempat pelaku, satu di antaranya pernah bekerja sebagai teknisi di Telkom tepatnya pegawai tidak tetap (outsourcing), sehingga yang bersangkutan memahami bagaimana tata cara pemotongan kabel dan lain-lain.

Baca juga: Danu Bilang Diminta Banpol Bersihkan TKP Pembunuhan Subang, Polisi Punya Fakta Lain: Tidak Ada

Baca juga: Info Pemeliharaan Jaringan Listrik PLN ULP Tegalrejo Magelang 10 dan 11 November 2021

Baca juga: Info Pemeliharaan Jaringan Listrik PLN ULP Magelang Kota Rabu 10 November 2021

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at mengungkapkan, aksi pencurian kabel terjadi pada Kamis (30/9/2021) lalu di jalan umum Desa Pamiritan dan Desa Wringin Jenggot, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, sekitar pukul 14.00 WIB.

Keempat pelaku sengaja memilih waktu pada siang hari supaya warga sekitar tidak merasa curiga dan menganggap mereka adalah teknisi dari Telkom.

"Mereka memotong kabel yang terpasang di tiang kabel Telkom sepanjang 400 meter, ukuran diameter 40mm, dan mengakibatkan kerugian mencapai Rp 25 juta."

"Modusnya mereka mengenakan seragam layaknya teknisi Telkom sehingga masyarakat sekitar tidak merasa curiga sama sekali," ungkap AKBP Arie, pada tribunjateng.com, Selasa (9/11/2021) kemarin.

Kapolres menyebut, oleh pelaku kabel hasil pencurian akan dijual ke daerah Kabupaten Brebes, namun sebelum transaksi berlangsung keempatnya terlebih dahulu tertangkap oleh Satreskrim Polres Tegal.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya satu unit mobil pickup, dua buah gunting besi, satu buah cutter, dua buah gergaji, satu buah kunci inggris, tiga buah baju seragam Telkom Indonesia bewarna merah, satu buah kabel jaringan Telkom warna hitam yang terbuat dari tembaga dengan diameter 40mm dan panjang 400 meter.

Baca juga: 2 Orang LSM yang Peras Kepala Desa di Sragen Terancam Penjara 9 Tahun

Baca juga: Siswa SMK di Banyumas Gelar Festival Kreasi Mendoan

Baca juga: Joddy Ternyata Baru Bisa Nyetir, Ini Pengakuannya ke Polisi Jelang Kecelakaan di Tol Jombang

Ditanya sudah melakukan aksi pencurian kabel berapa kali, salah satu pelaku menjawab sudah enam kali melancarkan aksi kejahatan yang sama. 

Namun untuk lokasi dimana saja selain di Kabupaten Tegal, pelaku tidak bisa menjawab karena lupa lokasi dimana saja. 

"Keempat pelaku kami jerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara," katanya. (dta)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE : 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved