Breaking News:

Kesehatan

6 Manfaat Kumis Kucing, Salah Satunya Peluruh Batu Ginjal

Kumis kucing, tanaman herbal mengandung banyak senyawa aktif, efektif turunkan gula darah.

Editor: sujarwo
Dok. Tribunnews
Ilustrasi. Kumis kucing menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 

TRIBUNJATENG.COM - Kumis kucing, tanaman herbal yang banyak dibudidaya masyarakat tanah air. Mengandung banyak senyawa aktif, ini manfaat kumis kucing untuk kesehatan, salah satunya menurunkan gula darah

Tanaman kumis kucing cukup populer di tanah air. Maklum saja, kumis kucing memiliki bunga yang cantik dan juga daun yang bermanfaat untuk pengobatan herbal. 

Untuk Anda yang belum familiar, Kumis kucing, tanaman yang memiliki mahkota bunga bertumpuk dengan benang sari yang panjang.

Biasanya, benang sari kumis kucing berwarna putih bak kumis seekor kucing. Kumis kucing merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di sepanjang anak sungai atau selokan. Namun, tidak sedikit masyarakat yang sengaja menanam kumis kucing di halaman rumahnya. 

Selain sebagai tanaman hias, kumis kucing merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat.

Mengutip dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Volume 2 karya Setiawan Dalimartha, kumis kucing mengandung minyak asiri, sapofonin, garam kalium, mioinositolm sinensetin, orthosiphonin glikosida, dan saponin. 

Melansir buku berjudul The Miracle of Herb karya dr. Prapto Utami, Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz, kumis kucing juga mengandung flavonoid yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Kandungan tersebutlah yang membuat kumis kucing jadi obat herbal yang mampu menumpas sejumlah penyakit. 

Manfaat kumis kucing Tanaman kumis kucing sudah populer di dunia pengobatan sejak dahulu kala. Dari seluruh tanaman, daun dan bunga kumis kucing yang banyak digunakan sebagai obat herbal. 

Berikut khasiat kumis kucing sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved