Breaking News:

Berita Semarang

Tribun Jateng-Disdikpora Brebes Bakal Fasilitas Guru Menulis Artikel Ilmiah Populer di Media Massa

Workshop penulisan artikel ilmiah populer di media massa sukses diadakan di sejumlah daerah.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
Flyer workshop penulisan artikel ilmiah populer di media massa. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Workshop penulisan artikel ilmiah populer di media massa sukses diadakan di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Kegiatan serupa akan diadakan kembali pada 30 November 2021 mendatang.

Kali ini Tribun Jateng bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Brebes, Komunitas Guru Berkarya (KGB) dan MGMP Bahasa Inggris SMP Brebes.

Pelatihan bakal dibuka Kepala Disdikpora Brebes, Sutrisno. Kemudian dilanjutkan pengisi materi yakni News Manager Tribun Jateng, Iswidodo serta tim dari KGB Jateng.

"Menulis artikel sangat berguna untuk guru. Selain menulis ide gagasan, berpikir kritis, dan sistematis, guru juga dilatih membudayakan menulis," kata perwakilan Komunitas Guru Berkarya Jateng, Ahmad Kunaifi, Jumat (19/11/2021).

Guru dituntut lebih kreatif dan inovatif seiring perkembangan teknologi. Tidak hanya transfer ilmu dan memfasilitas peserta didik di dalam kelas, tetapi juga harus bisa menuangkan gagasan dan ide dalam bentuk tulisan di media massa.

Setelah mendapatkan materi di workshop, guru juga akan difasilitasi diberiikan wadah di media cetak dan daring (online) Tribun Jateng.

Pada media cetak, tulisan artikel ilmiah populer guru akan dituangkan pada kolom Guru Berkarya.

"Publikasi penulisan artikel ilmiah populer untuk guru memberikan nilai tambah dalam karir. Terutama, guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) sangat penting sebagai credit point kenaikan pangkat," ucapnya.

Semua guru bisa menulis, namun tidak semua guru memiliki kompetensi untuk menulis artikel ilmiah populer di media massa.

Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan dan bimbingan penulisan artikel dari pihak yang berkecimpung langsung di media massa (praktisi).

Melibatkan praktisi pada proses peningkatan kompetensi guru ini sekaligus menerapkan program Merdeka Belajar di sekolah.

News Manager Tribun Jateng, Iswidodo yang merupakan pemateri workshop menuturkan, peserta akan memperoleh ilmu terkait teknis dasar penulisan jurnalistik serta bagaimana menulis artikel ilmiah populer yang menarik.

"Ide penulisan tentunya harus uptodate, segar, dan terkini. Yang sering dialami guru biasanya merasa malu kalau tulisannya dibaca publik di media massa. Tidak perlu malu, ini namanya proses belajar," ujarny.

Untuk bapak atau ibu guru yang berminat bisa menghubungi narahubung M Shomad 085201137072, Urip Tanggoro 081326580578, Naifi 085848985287, dan Lucky 081575455292. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved