Breaking News:

Berita Semarang

LRC–KJHAM Mulai Kampanyekan 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

Keadilan jender, LRC–KJHAM mulai kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

Penulis: iwan Arifianto | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRC–KJHAM) memulai kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan yang dimulai dari 25 November sampai 10 Desember 2021.

Kegiatan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dimulai dengan memperkenalkan Ruang Garasi Bertutur dan buku 62 perempuan bercerita tentang menghadapi pandemi Covid-19.

"Kegiatan ini bagian dari pembuka kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan," terang Direktur LRC – KJHAM Nur Laila Hafidhoh kepada Tribunjateng.com, Rabu (25/11/2021).

Ia menyebut, Ruang Garasi Bertutur muncul lantaran kegelisahan yang mana selama pandemi Covid-19 terdapat keterbatasan dalam menyuarakan hak-hak perempuan. 

Padahal kekerasan terhadap perempuan terus terjadi sehingga butuh ruang untuk tetap bersuara membela hak-hak perempuan. 

"Ruangannya sederhana, berbentuk studio mini harapannya mampu memfasilitasi kami untuk memperkuat menyuarakan perempuan melalui beragam kanal media sosial yang kami miliki," ucapnya. 

Untuk buku 62 perempuan bercerita, lanjut dia, menceritakan para perempuan dengan beragam latar profesi baik dari tenaga medis, ibu rumah tangga, perempuan pekerja, mahasiswi, aktivis perempuan dan lainnya. 

Menurutnya, ada satu cerita menarik yakni cerita perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual saat pandemi Covid-19.

Hal itu tentu tak mudah bagi perempuan untuk mau menceritakan kejadian tersebut. 

Selain itu, para perempuan juga bercerita tentang sulitnya perempuan menghadapi pandemi Covid-19 mulai dari menjadi korban PHK, harus tetap bekerja di tengah ganasnya covid-19 dan lainnya. 

"Kumpulan tulisan tersebut hasil dari lomba saat peringatan hari lahir LRC-KJHAM pada 24 Juli lalu," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved