Breaking News:

Berita Kudus

Kenali Rokok Ilegal, Hartopo Ajak Warga Laporkan Rokok Tanpa Pita Cukai

Bupati Kudus, HM Hartopo menyampaikan, kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi rokok ilegal yang menggunakan pita palsu atau tanpa pita cukai.

Penulis: raka f pujangga | Editor: m nur huda
Istimewa
Bupati Kudus, HM Hartopo saat melakukan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) berupa rokok ilegal, Sabtu (27/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menekankan agar warga masyarakat dapat mengenali pita cukai asli.

Bahkan rokok yang tidak dilekati pita cukai, diminta tidak dikonsumsi dan segera melaporkannya kepada aparat Bea Cukai Kudus.

Bupati Kudus, HM Hartopo menyampaikan, kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi rokok ilegal yang menggunakan pita palsu atau tanpa pita cukai.

‎"Laporkan bila ada yang menemukan rokok ilegal. Jangan dibeli," ujar dia.

‎Menurutnya, rokok yang tidak dilekati pita cukai merupakan rokok ilegal yang ada ancaman pidananya jika sengaja diedarkan.

Hal itu karena rokok termasuk dalam kategori Barang Kena Cukai (BKC) yang peredarannya diawasi karena punya dampak besar terhadap masyarakat.

"‎Saya imbau masyarakat untuk dapat mengenali perbedaan rokok ilegal dan legal. Sosialisasi juga kami lakukan sampai tingkat desa," ucapnya.

Namun beruntung, saat ini pihaknya belum menemukan kasus rokok ilegal yang dijual bebas di pasaran.

Menurutnya, guna mengantisipasi peredaran rokok ilegal itu pihaknya mengalokasikan anggaran 25 persen untuk penegakan hukum dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Satu di antara penegakannya yakni membangun fasilitas Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) agar perusahaan rokok teredukasi untuk menggunakan pita cukai asli.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved