Breaking News:

Berita Solo

Perbakin Solo Bakal Gelar Muskot untuk Memilih Ketua Baru, Berikut ini Persyaratan Lengkapnya

Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Solo bakal menggelar agenda Muskot Perbakin, 18 Desember 2021 mendatang.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: moh anhar
Dokumentasi Perbakin Solo
Ketua sementara Pengkot Perbakin Solo, Helly Sulistyanto 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Solo bakal menggelar agenda Muskot Perbakin, 18 Desember 2021 mendatang.

Agenda utama Muskot Perbakin tersebut adalah pemilihan ketua baru periode 2021-2025 mendatang.

Namun sebelum itu, tim penjaringan telah membuka pendaftaran bakal calon (balon) Ketua Perbakin Solo 2021-2025.

"Proses penjaringan dan penyaringan dilaksanakan 7 hingga 12 Desember 2021. Berkas dokumen pendaftaran oaling lambat diterima di Sekretariat Pengprov Perbakin Jawa Tengah paling lambat 12 Desember," kata Ketua sementara Pengkot Perbakin Solo, Helly Sulistyanto, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Curhatan Novia Widyasari hingga Ungkapan Ingin Mengakhiri Hidup, Ia Tuang Lengkap di Media Sosial

Baca juga: Bikin Keakraban Warga Makin Rekat, Karang Taruna Candisari Semarang Gelar Turnamen Bulutangkis

Nantinya, lanjut dia, pengecekan dokumen asli akan dilakukan seperti keaslian kartu tanda anggota (KTA) Perbakin dan KTP.

Menurutnya, berdasarkan Anggaran Rumah Tangga Perbakin pasal 29 tentang persyaratan bakal calon Ketua Perbakin mengatur beberapa poin.

Bakal calon merupakan anggota perorangan Perbakin yang dibuktikan dengan KTA Perbakin yang masih berlaku. Kemudian usia bakal calon saat Muskot Perbakin paling tinggi 70 tahun.

Syarat ketiga adalah bakal calon Ketua Perbakin harus memperoleh rekomendasi tertulis dan diusulkan oleh paling sedikit 30 persen dari jumlah anggota tingkat kepengurusan di bawahnya.

Keempat, setiap tingkatan kepengurusan hanya mengusulkan satu bakal calon. 

Kemudian bakal calon juga telah memperoleh izin tertulis dari atas yang berwenang bagi pejabat negara dan/atau pegawai negeri sipil (PNS) dan/atau anggota TNI/Polri.

Kemudian syarat terakhir adalah membuat sejumlah surat pernyataan antara lain kesedian, kesiapan, dan kesanggupan menjadi Ketua Perbakin.

Riwayat hidup singkat, tidak pernah dijatuhi hukuman penjara dengan ancaman paling sedikit 5 tahun berdasarkan putusan hakim yang mempunyai kekuatan hukum tetap.

Surat pernyataan terakhir adalah kesediaan untuk memperkenalkan diri dan memaparkan visi dan misinya sebagai Ketua Perbakin dihadapan peserta Muskot.

Baca juga: Pemkot Pekalongan Salurkan Bantuan Honorarium untuk Lebe, Semua Dapat Rp 200 Ribu Per Bulan

Baca juga: Mahasiswa di Semarang yang Hendak Ikut Pembelajaran Tatap Muka Wajib Vaksin Dua Kali

"Rencana awal Muskot Perbakin Solo adalah 30 Desember. Namun karena pemberlakuan PPKM Level III mulai 24 Desember 2 Januari 2022, maka kita ajukan menjadi 18 Desember," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved