Breaking News:

Berita Pekalongan

Pemkot Pekalongan Salurkan Bantuan Honorarium untuk Lebe, Semua Dapat Rp 200 Ribu Per Bulan

Bagian Kesra Setda Kota Pekalongan menyalurkan, bantuan honorarium bagi ratusan lebe non ASN di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: moh anhar
Dokumentasi Kominfo Kota Pekalongan
Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin saat menyerahkan bantuan honorarium bagi ratusan lebe non ASN di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Pekalongan menyalurkan, bantuan honorarium bagi ratusan lebe non ASN di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada dedikasi para lebe di Kota Pekalongan yang telah hadir di tengah masyarakat dalam membantu kinerja pemerintah dalam hal kepengurusan memandikan jenazah, memimpin suatu acara, membacakan doa, dan sebagainya.

"Alhamdulillah lancar, tadi sebelum kami menyampaikan arahan, kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan masukan-masukan," kata Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin saat rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Curhatan Novia Widyasari hingga Ungkapan Ingin Mengakhiri Hidup, Ia Tuang Lengkap di Media Sosial

Baca juga: Jadi Kepala Sekolah Harus Lulus Guru Penggerak, PGRI Jateng: Tak Bisa Diterapkan dalam Waktu Dekat

Menurut Wawalkot,bantuan honor ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap keberadaan lebe di tengah masyarakat yang perannya tidak semua orang mau melakukan tugasnya.

Meski jumlahnya tidak seberapa, paling tidak bantuan ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan maupun peran para lebe di masyarakat.

"Masukan mereka bagus dan akan kami kaji lebih jauh melalui Bagian Kesra untuk penyempurnaan penyerahannya. Harapan kami, para lebe ini sudah mengambil perannya dimana tidak semua orang mau melakukan tugas mulia ini."

"Kami baru bisa memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan yang diterimakan setiap 4 bulan sekali," ujarnya.

Salahudin berharap, di tahun 2022 mendatang kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekalongan bisa meningkat.

Sehingga, pemerintah bisa kembali memberikan perhatian lebih kepada para lebe dalam membantu meningkatkan kemampuan maupun kesejahteraannya. 

"Kami juga mengharapkan Bagian Kesra bisa memberikan kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah secara rutin, untuk mengupdate ilmu para lebe ini, khususnya bagi para lebe pemula (petugas yang baru) dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam kepengurusan jenazah terutama yang meninggal karena kecelakaan, Covid-19, dan sebagainya," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved