Berita Regional

Tingkatkan Potensi Kunjungan Desa Wisata, Pengelola Ikuti Pelatihan Kreasi Kuliner Bareng Chef

Untuk membangkitkan geliat Desa Wisata setelah terpuruk akibat pandemi, berbagai cara dilakukan.

Editor: rival al manaf
IST
Webinar Inspiratif menggali potensi kuliner Desa Wisata 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Untuk membangkitkan geliat Desa Wisata setelah terpuruk akibat pandemi, berbagai cara dilakukan.

Salah satunya adalah meningkatkan keunikan Desa Wisata dengan mengangkat kuliner lokal daerah tersebut.

Untuk mendorong potensi tersebut, puluhan ibu-ibu pengurus Desa Wisata mendapat ilmu mengolah kuliner khas daerah yang diberikan oleh seorang Chef.

Baca juga: Jelang Final Liga 2 Persis Solo vs RANS Cilegon FC, Ini Kata Eko Purdjianto Kepada Pemainnya

Baca juga: Air Minum dengan pH Tinggi Dapat Membantu Menjaga Imunitas

Baca juga: Video Maling HP Di Semarang Berlagak Ngaji saat Didatangi Polisi

Kegiatan itu diwadahi dalam pelatihan dan webinar inspiratif yang dipersembahkan BCA untuk ibu khususnya di desa wisata..

Webinar yang merupakan bagian dari program CSR BCA ini dibuka oleh Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati pada beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan istimewa ini, BCA berkolaborasi dengan Bogasari Baking Center yang menghadirkan Chef Haryanto untuk membagikan resep serta cara mengolah snack yang bisa dimasak di rumah.

Hadir dalam kegiatan ini Manager SME dan BBC Development PT. Indofood Sukses Makmur Bogasari Flour Mills Beatrix Patricia Soedibyo serta ibu-ibu pengurus desa wisata binaan BCA serta pemenang lomba BCA Desa Wisata Award.

“Di tengah situasi pandemi saat ini, tidak banyak kita melihat kaum ibu yang mulai membantu perekonomian keluarga salah satunya adalah dengan membangun bisnis."

"Di desa wisata, salah satu peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan adalah bisnis kuliner."

"Kami menghadirkan live virtual demo cooking untuk menginspirasi ibu-ibu pengurus desa wisata dalam menggali potensi olahan snack untuk dijual secara online khususnya,” ujar Inge.

Demo masak menjadi daya tarik tersendiri dalam gelaran webinar kali ini karena memberikan inspirasi resep masakan yang bisa diaplikasikan bagi pengurus desa dan pemilik homestay di desa wisata.

Tidak hanya dapat disajikan melainkan olahan ini juga dapat dijadikan peluang bisnis online yang saat ini banyak dilakukan pengurus desa lainnya.

Kehadiran makanan khas dari sebuah desa wisata juga merupakan nilai tambah bagi wisatawan yang berkunjung untuk mengetahui budaya setempat.

Sebagai informasi, program Solusi Bisnis Unggul merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh BCA untuk pembinaan terhadap UMKM, komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata & edukasi budaya.

Baca juga: Klitih Marak di Yogya, Satu Pelaku Positif Psikotropika, Bikin Celurit Sendiri

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Maluku, Dirasakan di NTT, Kalimantan hingga Papua

Baca juga: Sedang Berlangsung Liga Inggris Chelsea vs Brighton, Berikut Ini Link Live Streaming TV Online SCTV

BCA melalui program Bakti BCA sudah mengembangkan 12 desa wisata binaan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali.

Di tahun 2021 ini, BCA juga menggelar BCA Desa Wisata Award 2021 yang menjadi ajang bersinarnya desa wisata yang tangguh meskipun masih dihadang oleh pandemi.

“BCA berharap kegiatan ini dapat menjadi referensi untuk kuliner para pengunjung serta dapat menjadikan peluang bisnis melalui online juga membuat desa semakin Makmur."

"Semoga tahun depan pariwisata Indonesia dapat segera bangkit dan meningkatkan kembali pendapatan bagi desa-desa,” tutup Inge. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved