Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kuliah Tamu Teknik Elektro UMP Purwokerto Hadirkan Praktisi Singapura

UMP mendapat kesempatan menghadirkan dosen tamu dari Singapura membawakan topik mengenai “Green System For Electric Vehicle”.

Editor: abduh imanulhaq
UMP PURWOKERTO
Eko Heri Supriadi, Head of Research & Development Head-Up Displays di Continental Automotive Singapore Pte Ltd. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendapat kesempatan menghadirkan dosen tamu dari Singapura membawakan topik “Green System For Electric Vehicle”.

Dosen tamu tersebut, Eko Heri Supriadi merupakan Head of Research & Development Head-Up Displays di Continental Automotive Singapore Pte Ltd.

Acara dibuka langsung secara daring oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik dan Sains, Abdul Haris Mulyadi ST MT.

Dipilihnya tema Green System For Electric Vehicle merupakan lanjutan dari kuliah tamu sebelumnya yang mengusung tema Autonomous Vehicle.

“Seperti kita tahu kendaraan listrik saat ini semakin banyak dipertimbangkan terbukti dengan munculnya beberapa merk kendaraan listrik yang beredar dipasaran,” katanya, Jumat (4/3/2022).

Dengan adanya kuliah tamu ini, Abdul Haris berharap bisa memberikan informasi terkait teknologi mobil listrik yang bisa digunakan sebagai referensi penelitian dosen maupun mahasiswa di Prodi Teknik Elektro UMP.

Dalam pemaparannya, Eko Heri Supriadi menyampaikan electric vehicle merupakan salah satu solusi yang ditawarkan kemajuan teknologi untuk mengurangi polusi dari kendaraan.

Dengan catatan, sumber listrik dari sumber yang tidak renewable maka polusinya juga masih ada.

Menurutnya, tren electric vehicle perlu banyak dukungan dari sistem pembangkit yang ada di Indonesia.

“Banyak pembangkit renewable yang bisa diterapkan di Indonesia seperti solar panel, wind turbin, microhidro,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Eko, dengan maraknya electric vehicle tentu akan mengakibatkan dampak di bidang ekonomi, industri hingga sosial.

“Berdasarkan permasalahan tadi, merupakan topik yang harus dipikirkan dan didiskusikan oleh generasi muda kita,” jelasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved