Happy Ramadhan

Ngabuburit Ramadhan di Banyumas, Lihat Kentongan Musik Rakyat Khas Banyumas

Warga antusias ngabuburit di perempatan Desa Tanggeran perbatasan Kec Kemranjen, Banyumas.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Warga antusias ngabuburit di perempatan Desa Tanggeran perbatasan Kecamatan Kemranjen, Banyumas.

Sudah menjadi kebiasaan setiap bulan Ramadhan tiba, menjelang buka puasa warga memadati area perempatan Desa Tanggeran untuk ngabuburit.

"Sejak pandemi kemarin tidak ada. Sebelum pandemi ada hanya ini baru ada lagi yang ramai kaya gini Ramadhan tahun ini," terang Mamang Sumarto selaku Ketua Komunitas Pedagang Banyumas

Kegiatan ini digelar atas inisiatif para Komunitas Pedagang Banyumas untuk memanfaatkan momen ngabuburit para warga yang biasa mencari aneka makanan untuk berbuka puasa. 

"Dimulai sejak 3 hari puasa kemarin, saya bareng teman-teman minta izin ke warga di lokasi ini dan ketua RT untuk berdagang di sekitar jalan ini," jelasnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (19/4/2022). 

Aneka macam makanan dan minuman dijual di pinggiran jalan sejak dari pukul 16.00-18.00 WIB.

Ditambah dengan adanya musik rakyat kentongan yang memberikan tontonan menarik bagi para warga yang datang. Tempat ini dipadati warga untuk ngabuburit setiap sorenya. 

Musik kentongan merupakan musik rakyat populer khas Banyumas. Biasa dipentaskan untuk memeriahkan acara seperti hajatan. 

"Terakhir pentas di acara Bukber kemarin, hari ini diundang buat ngisi di sini ngabuburitan," ungkap Nanang Eka Cahyanto selalu Ketua Grup Musik Kentongan Satria Muda. 

Grup Musik Kentongan Satria Muda asal Desa Tanggeran ini biasa membawakan lagu-lagu khususnya lagu Jawa di berbagai acara dengan musik yang khas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved