Berita Kendal

Ajarkan Mencintai Lingkungan, Puluhan Siswa dam Guru Kendal Tanam Pohon di Pinggir Jalan

Puluhan siswa dan guru SMPN 4 Cepiring, Kendal melakukan aksi penanaman pohon.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Siswa dan guru SMPN 4 Cepiring Kendal melakukan aksi penanaman pohon di pinggir jalan, Kamis (16/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Puluhan siswa dan guru SMPN 4 Cepiring, Kendal melakukan aksi penanaman pohon di pinggir jalan pada, Kamis (16/6/2022).

Aksi ini dilakukan dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal untuk mengajak masyarakat lebih cinta pada lingkungan.

Kepala SMPN 4 Cepiring, Sutrisn

Siswa dan guru SMPN 4 Cepiring Kendal melakukan aksi penanaman pohon di pinggir jalan, Kamis (16/6/2022).
Siswa dan guru SMPN 4 Cepiring Kendal melakukan aksi penanaman pohon di pinggir jalan, Kamis (16/6/2022). (Tribun Jateng/Saiful Ma'sum)

o mengatakan, fokus pertama aksi menanam pohon di sepanjang jalan wilayah sekolah untuk menggugah masyarakat. Supaya, kesadaran terhadap kebersihan lingkungan meningkat.

Menurut Sutrisno, ada beberapa jenis bibit pohon yang ditanam siswa dan guru, di antaranya adalah bibit pohon pucuk merah dan beberapa jenis lainnya. 

Selain itu, lanjut dia, para siswa juga mengikuti lomba fashion show dengan memakai pakaian yang dibuat dari bahan daur ulang (bekas), pameran hasil lomba poster tema lingkungan, pembuatan pupuk kompos, pembuatan minuman jamu telang, serta kampanye hemat air dan hemat energi. 

"Kegiatan ini bagian dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2022 dan pengembangan kurikulum sebagai sekolah adiwiyata tingkat Jateng. Kami terus menanamkan kepada anak didik agar mencintai dan melestarikan lingkungan, selanjutnya diteruskan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan," terangnya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Aris Irwanto mengapresiasi langkah SMPN 4 Cepiring dalam menanamkan budaya cinta lingkungan sedini mungkin.

Sehingga, para siswa diajarkan langsung tentang keteladanan yang baik tentang pentingnya menjaga lingkungan. 

"Ini adalah bagian di mana sekolah peduli terhadap lingkungan, dengan harapan bisa diteladani masyarakat sekitar. Sehingga, kepedulian terhadap lingkungan semakin meningkat," ujarnya.

Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi menyatakan, budaya ini harus terus dilakukan di semua jenjang pendidikan. Mulai dari tingkat Paud, TK, SD, dan SMP sederajat. 

Pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan semua pihak terkait untuk memupuk kecintaan terhadap lingkungan. 

"Menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, termasuk masyarakat. Dimulai dengan menanamkannya kepada anak-anak melalui satuan-satuan pendidikan dasar," tegasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved