Berita Semarang

Hendi dan Sofia Kerjasama Kembangkan Transportasi Perkotaan Didukung Program IURC Uni Eropa

Wali Kota Semarang menerima kunjungan studi dari perwakilan Kota Sofia, Bulgaria.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: sujarwo
Dok Humas Pemkot Semarang
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima kunjungan studi dari perwakilan Kota Sofia, Bulgaria di kantornya, Selasa (28/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima kunjungan studi dari perwakilan Kota Sofia, Bulgaria di kantornya, Selasa (28/6/2022). 

Kunjungan selama tiga hari tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama kedua kota di bidang transportasi perkotaan berkelanjutan. Pemerintah Kota Semarang dan perwakilan Kota Sofia bersama-sama melaksan

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima kunjungan studi dari perwakilan Kota Sofia, Bulgaria di kantornya, Selasa (28/6/2022).
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima kunjungan studi dari perwakilan Kota Sofia, Bulgaria di kantornya, Selasa (28/6/2022). (Dok. Humas Pemkot Semarang)

akan identifikasi proyek percontohan yang akan diimplementasikan melalui program International Urban and Regional Cooperation (IURC) yang didanai oleh Uni Eropa hingga 2023. 

Kedua kota telah menyatakan ketertarikan dalam pengembangan mobilitas perkotaan berkelanjutan. 

Wali kota Semarang yang akrab disapa Hendi pun mengucapkan terima kasih dan menyambut baik rencana kota Sofia untuk membangun kerja sama dengan Kota Semarang khususnya di bidang transportasi perkotaan berkelanjutan. 

Dia menjelaskan, salah satu persoalan sebuah kota adalah pertumbuhan penduduk dan kendaraan bermotor yang juga meningkat sangat luar biasa. 

Pada 2021, data kendaraan bermotor dan mobil di Kota Semarang ada 1,8 juta. Jumlah itu naik sebanyak 200 ribu dibanding tahun sebelumnya. 

“Maka kalau dibiarkan, jumlah jalan ini tidak bisa menampung, kami edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan transportasi publik (BRT)," terang Hendi. 

Hendi memaparkan, operasional BRT Trans Semarang dimulai pada 2010 hanya dengan satu koridor. Jumlah penumpang hingga 80 ribu. Kini, pihaknya memiliki sembilan koridor BRT dan empat feeder dengan jumlah penumpang 13 juta orang.  

Dia berharap, kerja sama antara Kota Semarang dan Kota Sofia bisa segera terwujud. Bahkan, bisa berkembang ke sektor-sektor yang lain. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved