Berita Semarang

Hari Bebas Kendaraan, ASN Pemkot Semarang Berangkat Kerja Naik Transportasi Umum Setiap Rabu

Pemerintah Kota Semarang memberlakukan Hari Bebas Kendaraan. Ada pemandangan berbeda di Balai Kota Semarang pada Rabu (6/7/2022).

TRIBUN JATENG / EKA YULIANTI FAJLIN 
Halaman Balai Kota Semarang steril dari kendaraan pribadi, Rabu (6/7/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang memberlakukan Hari Bebas Kendaraan. Ada pemandangan berbeda di Balai Kota Semarang pada Rabu (6/7/2022).

Halaman balai kota terlihat steril dari kendaraan pribadi. Begitu pula gedung parkir balai kota juga diportal. Tak ada kendaraan yang parkir di gedung tersebut.

Para aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Semarang tak membawa kendaraan pribadi menuju kantornya. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, Hari Bebas Kendaraan diberlakukan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Dia mewajibkan para ASN menggunakan transportasi umum setiap Rabu untuk mengurangi gas emisi. Dengan upaya ini, diharapkan Kota Semarang lebih sejuk dan sehat.

Masyarakat yang bekerja di bidang transportasi umum juga bisa mendapat berkah dari diberlakukannya Hari Bebas Kendaraan ini. 

"Ini kami mulai Rabu depan hingga Agustus atau sekitar enam kali. Rabu ini, teman-teman ASN sudah mulai memakai kendaraan umum cuma belum maksimal.

Rabu depan, kami wajibkan semua ASN memakai transportasi umum dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sekaligus mengurangi pemakaian kendaraan pribadi," jelas Hendi, sapaannya, Rabu (6/7/2022). 

Hendi menegaskan, Hari Bebas Kendaraan ini wajib diikuti oleh seluruh ASN Pemerintah Kota Semarang.

Bahkan, pihaknya akan mempersulit atau tidak mengizinkan kendaraan kantor keluar, kecuali kendaraan pelayanan publik semisal truk pengangkut sampah, Trans Semarang, atau eskavator.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved