Berita Kendal

Perpusda Kendal Kembali Digelontor Dana Rp 3 M, Komisi X Dorong Efisiensi Pemanfaatan Perpustakaan

Pemkab Kendal kini sudah memiliki gedung baru perpustakaan daerah (perpusda) modern.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Dok. Diskominfo Kendal
Komisi X DPR RI meninjau mobil perpustakaan keliling di depan gedung baru perpustakaan daerah (Perpusda) di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal, Jumat (15/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal kini sudah memiliki gedung baru perpustakaan daerah (perpusda) modern yang berlokasi di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal. Gedung tersebut dibangun dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan tahun 2021 dari pemerintah pusat sebesar Rp 10 miliar.

Akan tetapi, gedung kaca itu belum bisa digunakan sebagai tempat pengembangan literasi pendidikan Kabupaten Kendal sebelum dilengkapi di sektor interior dan eksterior.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kendal, Muhammad Yusuf Ariyanto mengatakan, secara fisik gedung baru perpustakaan daerah Kendal sudah berdiri.

Pada 2022 ini, kata dia, sudah dialokasikan anggaran Rp 3 miliar dari APBD untuk melengkapi di bidang interior.

Mulai dari pengisian alat pendingin ruangan, lemari, komputer penunjang konsep perpustakaan digital dan kebutuhan lainnya. 

"Mudah-mudahan rencana ini bisa diselesaikan Desember 2022. Harapannya, awal 2023 bisa dioperasionalkan meskipun masih terbatas," terangnya, Jumat (15/7/2022).

Yusuf melanjutkan, pada 2023 mendatang, pihaknya sudah mengusulkan anggaran senilai Rp 7,7 miliar untuk melengkapi kebutuhan eksterior perpusda. Seperti, membuat pusat retail space untuk UMKM, tempat teater outdoor, taman, dan papan icon perpusda.

Selain itu, katanya, anggaran yang ada bakal digunakan juga untuk melengkapi kekurangan interior di lantai satu dan dua. Seperti contoh rencana pengadaan ruang audio visual guna menunjang literasi yang modern.

"Sekarang dalam proses pengadaan kelengkapan di interior dan eksterior gedung perpustakaan," ujar dia.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian tidak menyangka Kabupaten Kendal memiliki gedung perpustakaan yang indah, fungsional, dan modern.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved