Berita Sukoharjo

Kendalikan PMK, Sapi dan Kambing di Weru Sukoharjo Mulai Divaksin

Vaksinasi ternak untuk penanggulangan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) terus digencarkan di Kabupaten Sukoharjo. 

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul muzaki
Ppetugas medis menyuntikkan vaksin untuk ternak di Sukoharjo, Kamis (21/7/2022)  

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Vaksinasi ternak untuk penanggulangan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) terus digencarkan di Kabupaten Sukoharjo. 

Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Polres Sukoharjo bersama Tim Vaksinator dari Dinas Pertanian dan Perikanan, melaksanakan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi dan kambing di wilayah Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (21/7/2022).

Dalam kegiatannya, sebanyak 5000 dosis vaksinasi disuntikkan ke hewan ternak sapi dan kambing di wilayah Kecamatan Weru.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, melalui Kasat Binmas AKP Retna Wiyarti, selaku Kasatgas Pencegahan PMK Polres Sukoharjo, mengatakan, selain melaksanakan vaksinasi, petugas juga memeriksa kesehatan hewan ternak, serta memberikan imbauan dan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) kepada para peternak.

“Hal ini agar para peternak dapat memahami gejala PMK dan dapat melakukan upaya penanganan apabila dijumpai PMK,” ujarnya, Jumat (22/7/2022) 

AKP Retna mengungkapkan ciri-ciri hewan yang terindikasi PMK. 

Gejala fisik pada sapi dan kambing memiliki ciri-ciri khusus pada mulut baik itu di bibir, lidah dan ronga mulut yang terdapat luka-luka dan mengeluarkan air liur yang berlebihan.

Selain luka di mulut, juga terdapat luka-luka di bagian kaki sapi dan kambing, sehingga sapi dan kambing yang tidak kuat akan merebahkan tubuhnya. 

Selain dua gejala tersebut sapi dan kambing yang terjangkit PMK memiliki suhu tubuh yang cukup tinggi sehingga sapi dan kambing lemas.

AKP Retna juga mengimbau masyarakat agar tidak perlu panik ataupun khawatir terkait dengan adanya penyakit PMK  pada sapi dan kambing. 

“Kita dari kepolisian dan Dinas Pertanian dan Perikanan nantinya akan melakukan pengawasan secara menyeluruh, baik itu untuk peternakan maupun hewan ternak dari luar daerah yang masuk ke Sukoharjo,” tandasnya. (*)

Baca juga: DUH GUSTI! Sepasang Anak Muda Tertangkap Bermesraan di Masjid Menara Kudus, ‎Ini Penampakannya

Baca juga: BREAKING NEWS : Eksekutor Penembak Istri TNI Semarang Ditangkap di Perbatasan Semarang-Demak

Baca juga: Bupati Tegal Umi Azizah, Serahkan Bantuan Pada Warga yang Rumahnya Terbakar 

Baca juga: Puisi Yang Utama ialah Hidup, Sekalipun Hidup Melarat Multatuli

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved