Berita Kendal

Puncak Harkopnas 2022 di Kendal, Menko Airlangga: Koperasi Jangan Sampai Tertinggal

Puncak perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2022 digelar di Stadion Utama Kebondalem, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (23/7/2022).

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Catur waskito Edy
saiful maksum
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Republik Indonesia, Airlangga Hartarto (tengah) saat menghadiri peringatan Harkopnas dan pembukaan Pekan Raya Kendal (PRK) di Stadion Utama Kebondalem, Kendal, Sabtu (23/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Puncak perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2022 digelar di Stadion Utama Kebondalem, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (23/7/2022).

Spesialnya, peringatan Harkopnas tahun ini digelar dengan meriah bersamaan dengan pembukaan Pekan Raya Kendal (PRK) yang dihadiri dua menteri sekaligus. Yaitu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), A.M Nurdin Halid.

Menko Airlangga mengatakan, momentum ini harus disikapi betul dalam menggelorakan koperasi. Dengan cara, koperasi harus bertransformasi ke ranah digitalisasi. Supaya koperasi tidak tertinggal untuk tahun-tahun ke depan. 

Dia menjelaskan, dunia saat ini sudah berubah, cara bisnis pun berubah, sehingga membutuhkan transformasi digital sebagai perwujudan akselerasi koperasi, supaya koperasi tidak tertinggal.

"Digitalisasi koperasi harus berjalan tanpa harus menunggu, koperasi yang harus jemput bola. Yang kita dorong dan beri fasilitas adalah koperasi yang hidup untuk membantu pembiayaan pelaku usaha yang memiliki produk daya tarik dan daya tahan," terangnya usai meninjau beberapa stand usaha.

Airlangga mengapresiasi kegiatan yang dikelola bupati Kendal yang melibatkan kegiatan keagamaan dan kebudayaan, berbarengan dengan Harkopnas.

Dalam kegiatan itu, lanjutnya, Dekopin memberikan penghargaan kepada 23 kepala daerah sebagai tokoh penggerak perkoperasian.

"Saya berharap, potensi digitalisasi dan transformasi koperasi bisa dimasukkan dalam pembaharuan Undang-undang. Adanya pameran UMKM juga menjadi bagian kegiatan koperasi itu sendiri," terangnya. 

Selain itu, Menko Airlangga terus menggelorakan semangat transformasi dan pemberdayaan koperasi.

Dia menyebut, pada 2019 lalu, koperasi telah berkontribusi terhadap 5,1 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved