Berita Semarang

Pemkot dan DMI Kota Semarang Gagas Program Pisangisasi, Pedurungan Jadi Percontohan

Pemkot Semarang bersama DMI Kota Semarang menggagas program pisangisasi.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang menggagas program pisangisasi.

Program pisangisasi ini berupa penanaman pisang jenis cavendish dalam rangka pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan umat. 

Wakil Wali Kota Semarang, He

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama DMI Kota Semarang dan jajaran pemangku wilayah memanen pisang Cavendish di Kelurahan Pedurungan Tengah, Senin (25/7/2022).
Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama DMI Kota Semarang dan jajaran pemangku wilayah memanen pisang Cavendish di Kelurahan Pedurungan Tengah, Senin (25/7/2022). (TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN)

vewrita Gunaryanti Rahayu mengatakan, program pisangisasi ini sudah berjalan namun sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Program ini sudah dilakukan di empat kecamatan. Ada lima masjid di setiap kecamatan yang melaksanakan program ini, dimana Kecamatan Pedurungan menjadi percontohan.

Setiap masjid diberi 100 bibit pohon pisang yang ditanam di masjid dan diberikan ke jamaah untuk ditanam di rumah masing-masing. 

"Alhamduliah, wilayah Pedurungan bisa menghasilkan. Ternyata, pedurungan sangat cocok tanaman pisang. Ada yang di Pedurungan Tengah, Kalicari, Palebon. Rencananya, nanti akan dikumpulkan untuk panen raya," terang Ita, saat panen pisang cavendish di Pedurungan Tengah, Senin (25/7/2022). 

Nantinya, lanjut Ita, hasil panen raya ini akan dikoneksikan kepada pembeli sehingga ini menjadi satu upaya pemberdayaan umat.

Pemilihan pisang cavendish sendiri karena jenis pisang ini memiliki nilai yang tinggi. Sehingga, selain untuk makanan pendamping beras juga untuk peningkatan ekonomi. 

Pihaknya pun memberikan tambahan 50 bibit pohon cavendish agar bisa ditanam di lahan kosong di Pedurungan Tengah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved