Berita Karanganyar

Bulan Imunisasi Anak di Karanganyar Dimulai, Sasar 47.761 Balita

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar melakukan pencanangan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) 2022 di Posyandu Sengon

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
dokumentasi Diskominfo Karanganyar
Bupati Karanganyar, Juliyatmono meninjau pelaksanaan pencanangan BIAN di Posyandu Gayamdompo Kecamatan/Kabupaten Karanganyar, Senin (1/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar melakukan pencanangan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) 2022 di Posyandu Sengon Kelurahan Gayamdompo Kecamatan/Kabupaten Karanganyar pada Senin (1/8/2022).

Kepala DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, adanya pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap sektor kesehatan seperti tidak berjalannya secara optimal imunisasi rutin. BIAN tahap pertama telah dilangsungkan di sejumlah provinsi di luar Jawa pada Mei 2022. Sedangkan wilayah Jawa-Bali termasuk dalam tahap kedua BIAN yang dimulai pada 1 hingga 31 Agustus 2022.

"Di Karanganyar imunisasi dasar lengkap belum mencapai target, baru mencapai 90,4 persen dari target 98 persen," katanya saat acara pencanangan BIAN 2022.

Dalam pencanangan BIAN ada dua kegiatan yakni imunisasi tambahan serta imuniasi kejar. Dia menjelaskan, imunisasi tambahan ialah pemberian 1 dosis imunisasi campak rubella secara massal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Kemudian imunisasi kejar ialah pemberian 1 atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak supaya tercapainya kekebalan populasi sehingga kejadian luar biasa dapat dicegah.

"Sasaran imunisasi campak dan rubella 47.761 sasaran. Sasaran imunisasi kejar, OVP ada 1.875 balita, IPV ada 2.354 balita dan sasaran DPT HB Hib ada 4.233 balita. Dilaksanakan di semua pos pelayanan 17 kecamatan sejumlah 1.419 pos pelayanan," terangnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta supaya ada koordinasi yang bagus dari tingkat kabupaten hingga desa dalam pelaksanaan BIAN 2022.

"Diingatkan semua pihak supaya anak-anaknya diimunisasi dengan baik. Ini ikhtiar secara bersama-sama agar anak-anak kita sehat. Kekebalan tubuh terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit," ungkapnya. (Ais).

Baca juga: Nilai Ekspor Jateng Naik 41,02 Persen, Nilai Impor Turun 18,12 Persen

Baca juga: Sambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI,  Paguyuban Damai Sejahtera Batang Pasang Bendera 248 Meter 

Baca juga: Bupati Fadia Minta Koperasi Manfaatkan Teknologi Digital

Baca juga: Ibu Arya Korban Pembacokan di Jalan Suratmo Semarang Lapor Polisi: Meresahkan!

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved