Berita Semarang

Penanaman 10 Ribu Bibit Mangrove Jadi Penutupan Rangkaian HUT ke-52 Astra Motor

Penanaman 10 ribu bibit bakau di Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang jadi penutup rangkaian HUT ke-52 Astra Motor.

Penulis: budi susanto | Editor: Catur waskito Edy
Dok Astra Motor
Penanaman bibit bakau yang dilakukan jajaran Astra Motor di Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang, Sabtu (6/8/2022). Kegiatan tersebut menjadi rangkaian HUT Astra Motor ke-52. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penanaman 10 ribu bibit bakau di Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang jadi penutup rangkaian HUT ke-52 Astra Motor.

Bekerjasama dengan penggiat lingkungan, penanaman bibit bakau tersebut digelar, Sabtu (6/8/2022).

Jajaran manajemen Astra Motor juga hadir dalam acara yang digelar di pesisir pantai utara Jawa itu.

Selain Haidir Alam Administration and Finance Region Head, Budi Hartanto Marketing Region Head Astra Motor Jateng juga datang mengikuti acara tersebut.

Dijelaskan Haidir Alam, selain untuk perayaan HUT Astra Motor ke 52, kegiatan yang digelar sejalan dengan komitmen seluruh jaringan Main Dealer motor Honda dalam upaya Sinergi 
Bagi Negeri.

"Kami berharap melalui kegiatan ini dampak positif dapat dirasakan dilingkungan terutama untuk melindungi garis pantai dari abrasi," jelasnya.

Dilanjutkannya, Astra Motor juga mengapresiasi semua pihak yang mengikuti gelaran HUT ke-52 Astra Motor.

"Setidaknya ada seribu peserta yang mengikuti acara penanaman bibit bakau. Komunitas Lari Insan Astra Motor juga ikut memeriahkan acara dengan tema 1 pelari 1 pohon," ucapnya.

Ia menambahkan, semangat keberlanjutan dalam kontribusi positif dibidang Environmental, Social and Governance (ESG) Astra Motor telah memasuki fase ketiga penanaman bibit
pohon bakau di Jateng.

"Kegiatan penanaman pohon pertama kali dilakukan pada tahun 2015 dengan 12.000 bibit pohon mangrove, kemudian 5.000 bibit pada 2020 dan 10.000 bibit mangrove pada tahun 2022. Total sampai saat ini Astra Motor telah menanam 27.000 bibit pohon bakau," ucapnya.

Sementara itu, Sururi satu di antara pegiat lingkungan tanaman mangrove di Mangunharjo menjelaskan, kegiatan penanaman bibit bakau sudah dilakukannya sejak tahun 1995.

"Saat itu pemukiman penduduk dengan pantai hanya berjarak 800 meter, kini dampak kegiatan positif tersebut mulai dirasakan masyarakat," imbuhnya.

Ditambahkannya, hutan mangrove di pesisir Mangunharjo kini semakin rindang, jarak pantai dengan lokasi pemukiman penduduk juga terpaut 2 kilometer.

“Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah peduli dan aktif berkontribuksi terhadap pelestarian ekosistem hutan mangrove ini sehingga penanggulangan abrasi dapat dilakukan,” tambah Sururi.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di 11 jaringan Main Dealer Astra Motor mulai dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, Bali, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, hingga Papua. (*)

Baca juga: Barcelona Terancam Tak Bisa Mainkan Lewa, Kounde, dan Rapinha di Liga Spanyol, Pique Jadi Tumbal

Baca juga: Kiat Emak-emak Semarang Olah Sampah Jadi Emas

Baca juga: Perdana Pasar Pon Dibuka, Masih Terlihat Sepi dan Didominasi Pedagang Lokal

Baca juga: Bawaslu Karanganyar Buat Film Pendek Soal Penanganan Pelanggaran Pemilu, Upaya Tingkatkan Pengawasan

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved