Berita Kudus

Umku Beri Pembekalan Calon Alumni Agar Siap Terjun di Dunia Kerja 

Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) menyelenggarakan pembekalan tahap awal untuk calon alumni, Rabu (10/8/2022).

Penulis: raka f pujangga | Editor: rival al manaf
dok Umku Kudus
Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) menyelenggarakan pembekalan tahap awal untuk calon alumni, Rabu (10/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) menyelenggarakan pembekalan tahap awal untuk calon alumni, Rabu (10/8/2022).

Wakil Rektor III Umku Kudus, Anny RM, menyebutkan, ikatan alumni yang terus dibangun ini akan membentuk relasi untuk menunjang karir di dunia professional.

"Forum ini juga dapat digunakan untuk belajar sepanjang hayat," jelas dia, dalam keterangannya.

Lebih lanjut, dia juga menekankan, agar alumni dapat menjadi salah satu aspek pengembangan perguruan tinggi terkait dengan keberadaan dan peranannya di tengah-tengah masyarakat.

"Keberadaan alumni dapat dijadikan sasaran pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan yang ditawarkan perguruan tinggi," ujarnya.

Selain itu, alumni memegang peranan penting dalam memberikan masukan terhadap proses dan perbaikan bagi lembaga pendidikan itu sendiri termasuk perguruan tinggi.

"Prospek alumni menunjukkan keberadaan alumni sesungguhnya tidak hanya dipandang sebagai bagian dari hasil suatu proses pendidikan, akan tetapi lebih dari itu," jelas dia.

Direktorat Kemahasiswaan, Kerjasama, Humas dan Alumni Universitas Muhammadiyah Kudus, Noor Azizah, menekankan pentingnya tracer study. 

"Tujuan ini untuk mengidentifikasi kompetensi lulusan meliputi pengetahuan, ketrampilan dan sikap, mengetahui relevansi kurikulum program studi dengan keinginan pasar kerja, mengetahui kesesuaian antara kompetensi lulusan dan jenis pekerjaan (profesi) alumni, mengetahui keinginan pasar kerja (job market signal) dan relevansinya dengan kompetensi yang dirancang program studi, dan Memenuhi persyaratan akreditasi," ungkapnya.

Kegiatan pembekalan terhadap calon alumni UMKU chapter 1 ini diikuti sebanyak 200 mahasiswa. 

Kegiatan yang berlangsung dari puku 08.00-12.00 ini berlangsung secara daring. 

Setiap chapter akan diberikan materi khusus yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya adalah peran alumni untuk kemajuan Universitas, pentingnya tracer study, metode pengisian tracer studi, patien safety, persiapan karir  di dunia perbankan, persiapan karir di dunia industri dan strategi pemanfaatan network untuk mencari peluang kerja di Jepang. (raf)
 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved