Berita Kudus

Pentas Teater Jadi Ajang Kampanye Perangi Rokok Ilegal

Bupati Kudus turut serta menyaksikan pementasan teater berjudul Kenthongan di auditorium Universitas Muria Kudus (UMK)

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo saat memberikan sambutan sebelum oentas teater di auditorium UMK, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Bupati Kudus turut serta menyaksikan pementasan teater berjudul Kenthongan di auditorium Universitas Muria Kudus (UMK), Kamis (11/8/2022) malam.

Dalam kesempatan tersebut menjadi ajang bagi Hartopo untuk menyosialisasikan perundang-undangan di bidang cukai.

“Kudus ini tempatnya dana cukai, karena mampu memberi devisa kepada pusat sampai Rp 36 triliun,” kata Hartopo mengawali sambutan sebelum pementasan teater dimulai.

Dalam kesempatan itu, Hartopo melanjutkan, dari total setoran Kudus kepada pemerintah pusat dari sektor cukai tersebut Kudus kebagian Rp 174,2 miliar pada tahun ini.

Ditambah sisa anggaran dana cukai tahun sebelumnya sebesar Rp 117 miliar, artinya Kudus memiliki alokasi dana cukai hampir mencapai Rp 300 miliar.

“Peruntukannya berbeda dari sebelum pandemi, karena tidak boleh untuk membangun infrastruktur,” kata Hartopo.

Pada tahun ini, katanya, penggunaan dana cukai telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 215. 50 persen di antaranya digunakan untuk bidang kesejahteraan masyarakat, sisanya 40 persen untuk bidang kesehatan, dan 10 persen untuk penegakan hukum dan sosialisasi di bidang cukai.

“Ini (pementasan teater) merupakan bagian dari yang 10 persen,” katanya.

Pementasan teater tersebut selain sebagai hiburan kepada masyarakat, sekaligus menjadi ajang untuk memberikan pemahaman perihal penggunaan dana cukai.

Di sisi lain, tema dan alur cerita dalam pementasan tersebut sarat akan nuansa kampanye memerangi peredaran rokok ilegal.

“Selain ini bisa dinikmati sebagai hiburan, ini juga menjadi sarana edukasi mengingat alur ceritanya mengandung pesan agar tidak mengedarkan rokok ilegal,” kata dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved