Berita Pemalang

Jual Beli Jabatan di Pemkab Pemalang, Cara Balik Modal Politik Menuju Pemilu 2024

Banyak yang menduga periode jabatan bupati yang pendek hanya dari 2021-2024 yang seharusnya 2026 berimplikasi pula pada pola tindakan korup. 

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Permata Putra Sejati 
Pengamat Politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Dr. Indaru Setyo Nurprojo, S. IP, M. A. untuk Tribunbanyumas.com, Minggu (14/8/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Operasi Tangkap Tangan (OTT) Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi tanda korupsi dan ongkos politik melekat pada kepala daerah. 

Banyak yang menduga periode jabatan bupati yang pendek hanya dari 2021-2024 yang seharusnya 2026 berimplikasi pula pada pola tindakan korup. 

Upaya gerak cepat kepala daerah agar cepat balik modal adalah dengan cara korupsi, dan suap pengadaan barang dan jasa. 

Pengamat Politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Dr. Indaru Setyo Nurprojo, S. IP, M. A. mengemukakan kasus OTT Bupati Pemalang dapat diakui sebagai upaya mencari balik modal politik. 

Tidak hanya dipengaruhi karena periode dari kepala daerah yang singkat. 

Ia mengatakan secara sederhananya dalam periode kepemimpinan normal (lima tahun) kepala daerah biasa menjalankan upaya mencari balik modal. 

Apalagi dengan tenggat waktu yang lebih singkat otomatis ada konsolidasi dan upaya-upaya mencari modal politik selanjutnya. 


"Apabila ingin mencalonkan kembali tentu ada prepare semuanya mulai dari penataan birokrasi, penganggaran, contoh lainnya APBD mulai diarahkan untuk kegiatan sosial dan operasional secara finansial lainnya," terangnya kepada Tribunbanyumas.com, Minggu (14/8/2022). 


Ia menjelaskan porsi APBD akan diotak-atik untuk dapat sekaligus meningkatkan popularitas dan sebagainya.  


Kepemimpinan daerah mulai dari 2020 hingga ke 2024 adalah fase yang pendek. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved