Berita Cilacap

HUT RI ke 77, 1.276 Warga Binaan Pemasyarakatan Di Cilacap Dapat Remisi, 48 Lainnya Langsung Bebas

HUT Kemerdekaan Ke-77 RI tahun 2022 memiliki arti tersendiri bagi warga binaan pemasyarakatan di seluruh Indonesia. 

Lapas Kelas 1 Batu Nusakambangan
Upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI di lapangan upacara Lapas Kelas 1 Batu, Nusakambangan. Rabu (17/8/2022). Hari ini sebanyak 1.276 warga binaan mendaoat remisi dan 48 warga binaan bebas. 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - HUT Kemerdekaan Ke-77 RI tahun 2022 memiliki arti tersendiri bagi warga binaan pemasyarakatan di seluruh Indonesia. 

Disamping memperingati kemerdekaan, hari ini juga menjadi hari yang bahagia, pasalnya Pemerintah juga memberikan remisi atau pengurangan masa pidana kepada para narapidana dan anak didik pemasyarakatan. 

Koordinator Wilayah Pemasyarakatan Nusakambangan Cilacap yang juga Kepala Lapas Kelas 1 Batu Nusakambangan,  I Putu Murdiana saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM dalam kegiatan upacara HUT Ke-77 RI menyampaikan bahwa sebanyak 1.276 warga binaan pemasyarakatan memperoleh remisi.

"Rinciannya yaitu Remisi Umum I/RU1 sebanyak 1.228 orang dan Remisi Umum II/RU2 sebanyak 48 orang yang langsung dibebaskan karena telah selesai menjalani masa pidana," jelas I Putu. Rabu (17/8/2022).

Saat memberi sambutan dalam upacara kemerdekaan yang bertempat di lapangan upacara Lapas Kelas 1 Batu Nusakambangan, I Putu berpesan bagi warga binaan yang mendapatkan remisi untuk terus bersemangat menjalani program pembinaan dan tidak melanggar peraturan tata tertib yang berlaku didalam lapas.

Ia juga meminta kepada warga binaan yang sudah bebas untuk menjadi manusia yang mandiri dan taat pada hukum

"Bagi warga binaan yang telah bebas diharapkan dapat berkumpul kembali bersama keluarga tercinta dan menjadi manusia mandiri yang tentunya taat dan patuh hukum," kata I Putu.

Kegiatan upacara dan penyerahan remisi juga dilaksanakan di masing-masing Lapas, baik di Lapas Nusakambangan maupun Lapas Cilacap. 

Saat ini jumlah warga binaan di Pulau Nusakambangan sebanyak 2.334 orang.

Adapun rinciannya yaitu warga binaan  pidana umum sebanyak 431 orang dan warga binaan pidana narkotika sebanyak 1.725 orang.

Lebih lanjut Putu menjelaskan bahwa narapidana yang tidak memperoleh remisi adalah narapidana yang belum memenuhi persyaratan, baik substantif maupun teknis misalnya pidana mati, seumur Hidup, yang belum menjalani 6 bulan masa pidana serta yang menjalani register F karena melanggar tata tertib. (pnk)

Baca juga: Kaesang Ajak Erina Gudono Hadiri Upacara Kemerdekaan HUT ke-77 RI, Kompak Pakai Bagu Seragam

Baca juga: Media Interaktif Tingkatkan Pemahaman Peran Indonesia di Kancah Internasional

Baca juga: Mantan Napiter Terharu Dilibatkan Warga Bangetayu Kulon Semarang Untuk Mengikuti Upacara Bendera

Baca juga: Berpakaian Adat Jawa di Detik-detik Proklamasi, Ganjar: Menyenangkan, Banyak Kejutan

Baca juga: Matematika Bukanlah Momok!

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved