Berita Slawi

Layanan Panggilan Darurat 112 Bagi Warga KabupatenTegal Resmi Dilaunching, Bebas Pulsa

Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 bagi warga Kabupaten Tegal, resmi dilaunching secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, Sabilillah

desta leila kartika
Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, secara simbolis menerima sertifikat launching dan peresmian Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 bagi warga Kabupaten Tegal, dari Sub Koordinator Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur Keperluan Khusus Pitalebar, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo RI, Agung Setio Utomo. Berlokasi di Lapangan Pemkab Tegal, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 bagi warga Kabupaten Tegal, resmi dilaunching secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, setelah upacara peringatan HUT ke-77 Kemerderkaan Republik Indonesia, di Lapangan Pemkab Tegal, Rabu (17/8/2022).  

Dilaunchingnya layanan panggilan darurat 112 pada peringatan HUT ke-77 RI menjadi kado tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Tegal, karena layanan NTPD 112 memudahkan masyarakat dalam melakukan pelaporan kondisi darurat hanya dengan mengingat satu nomor panggilan yaitu 112. 

Sub Koordinator Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur Keperluan Khusus Pitalebar, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo RI, Agung Setio Utomo, menjelaskan dasar pelaksanaan NTPD 112 adalah peraturan Kementrian Kominfo RI nomor 10 tahun 2016, tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat. 

Selain itu, juga sesuai peraturan Kementerian Kominfo RI nomor 14 tahun 2018 tentang Rencana Dasar Teknis Rencana Dasar Teknis (Fundamental Technical Plan) Pembangunan Telekomunikasi Nasional. 

Keputusan Dirjen PPI Nomor 112 tahun 2019 tentang Pedoman Teknis Penyediaan Layanan Panggilan Darurat 112

Sekaligus Peraturan Bupati Tegal nomor 39 tahun 2022, tentang Penyelenggaraan Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 di Kabupaten Tegal.

Bahkan untuk menyelenggarakan layanan call center 112 di Kabupaten Tegal, pihaknya bekerjasama dengan PT  Sandi Digital Informasi sebagai penyedia jasa layanan. 

"Jika di Amerika ada panggilan darurat 911, nah saat ini kami sedang menuju kesana lewat panggilan darurat 112 ini. Kami sudah berkoordinasi dengan Pemkab Tegal untuk mempersiapkan layanan ini, dan kami juga sudah berkoordinasi dengan semua operator telekomunikasi bahwa nomor 112 aksesnya sudah dibuka dan mulai bisa digunakan," jelas Agung, pada Tribunjateng.com, Rabu (17/8/2022). 

Bahkan, untuk penyediaan layanan panggilan darurat ini Kabupaten Tegal masuk dalam 100 kabupaten/kota di Indonesia yang menyelenggarakan. Kabupaten Tegal juga masuk dalam 100 kabupaten/kota smart city. 

Kedepannya, Kominfo RI bahkan berencana akan menggunakan satu nomor panggilan darurat yaitu 112 ini. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved