Guru Berkarya

Mencari Bilangan Bulat dengan Metode JAS

Bagi kelompok yang paling akhir mengerjakan soal matematika, akan mendapat punishment. Punishmen di sini bukan berupa hukuman fisik.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Sri Mulyanti, S.Pd.SD - Guru Kelas SDN 3 Kalangdosari Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan 

Mencari Bilangan Bulat dengan Metode JAS

Sri Mulyanti, S.Pd.SD
Guru Kelas SDN 3 Kalangdosari Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan

Jika kita berbicara tentang matematika. Pada sebagaian orang akan berpikir bahwa matematika itu sulit, membosankan dan tidak menyenangkan.

Konsep-konsep matematika merupakan konsep yang abstrak, sementara pola pikir siswa SD (sekolah dasar), menurut Piaget masih pada tahap operasi konkrit.

Siswa perlu diupayakan untuk memahami matematika sesuai dengan tingkat perkembangan mentalnya, guru juga diharapkan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Guru bertugas untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, agar siswa dapat menyukai matematika yang nantinya akan berimbas pada hasil belajar yang memuaskan.

Pada tahap sekolah dasar merupakan penanaman konsep yang disodorkan melalui hal-hal yang bersifat konkret.

‘PR’ besar untuk guru SD untuk menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif, yang tidak hanya berpusat pada guru.

Yang artinya guru lebih terlibat aktif dalam pembelajaran sebagai pemberi pengetahuan kepada siswa dan bersifat abstrak.

Salah satu materi matematika yang terlihat remeh namun pada kenyataannya harus mengandalkan kemampuan nalar yang tinggi, yaitu bilangan bulat.

Pembahasan tentang bilangan bulat (integers) tidak bisa dipisahkan dari uraian tentang bilangan asli (natural numbers) dan bilangan cacah (whole numbers) karena kreasi tentang bilangan-bilangan ini merupakan proses sosial dan budaya yang telah berlangsung berurutan dalam waktu ribuan tahun.

Bilangan bulat bukan berarti kumpulan atau himpunan bilangan yang bentuknya bulat, ya.

Tapi, nilainya yang bulat.

 Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah dan bilangan bulat negatif.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved