Berita Semarang

Sambangi SMAN 3 Semarang, Hendi Ajak Siswa Gali Potensi Diri

Pemerintah Kota Semarang bersama Forum Wartawan Balai Kota (Forwakot) Semarang menggelar Wali Kota Goes To School

dok Forwakot Semarang 
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan motivasi kepada siswa SMAN 3 Semarang, Jumat (26/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang bersama Forum Wartawan Balai Kota (Forwakot) Semarang menggelar Wali Kota Goes To School dengan mengunjungi sekolah jenjang SMA/SMK di Kota Semarang. Kali ini, Pemkot bersama Forwakot menyambangi SMAN 3 Semarang, Jumat (26/8/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan motivasi kepada seluruh siswa. Mereka didorong untuk dapat menggali potensi diri masing-masing. Terlebih, populasi anak muda yang masuk generasi Z ini memiliki jumlah terbanyak. Mereka memiliki kemampuan luar biasa terkait teknologi informasi dibanding generasi sebelumnya. 

"Saya senang teman-teman Forwakot punya ide acara seperti ini. Ini saat yang tepat untuk mengarahkan potensi-potensi anak muda supaya bisa dikembangkan untuk mendorong kemajuan wilayah dan sekolah. Sehingga, tidak dipakai untuk hal-hal yang bisa menjadikan bullying atau penyebaran berita Hoax," papar Hendi, sapaannya. 

Dia menekankan kepada para generasi muda bagaimana menjadi pemimpin yakni mulai dari lingkungan sekitar atau lingkungan sekolah. Kuncinya, harus selalu semangat dan ikhtiar. Segala hal harus dievaluasi untuk persiapan masa depan. 

"Anak-anak harus selalu semangat dan ikhtiar. Kita tidak bisa memprediksi masa depan, tapi kita bisa mengevaluasi yang terjadi sebelumnya untuk masa depann. Kalau ke depan tidak disiapkan dan ikhtiar, jangan mimpi jadi orang sukses," tandasnya. 

Lebih lanjut, dia juga menyoroti terkait kenakalan remaja. Baginya, hampir semua anak muda pernah mengalami kenakalan saat remaja. Namun, tinggal bagaimana anak muda bisa mengalihkan kenakalan tersebut menjadi hal yang positif. 

"Misalnya, hobi gelut. Disalurkan saja jadi atlet tinju. Inilah yang harus dipahami bahwa mereka punya keinginan luar biasa," ucapnya. 

Kepala SMAN 3 Semarang, Yuwana menyambut baik motivasi yang diberikan oleh Wali Kota Semarang. Menurutnya, anak-anak sangat membuhtuhkan motivasi dan ide-ide baru langsung dari seorang pemimpin. Ini menjadi momentum yang tepat bagi mereka mendapatkan ilmu baru. 

"Anak-anak kami haus dari ahlinya untuk mendapatkan motivasi. Anak-anak ini calon pemimpin, tinggal menunggu waktu saja," ujarnya. 

Yuwana mengatakan, SMAN 3 Semarang merupakan sekolah research. Saat ini, kurikulum yang dipakai untuk pembelajaran adalah kurikulum merdeka. Sehingga, potensi anak tersalurkan baik melalui kokulikuler, intrakulikuler, dan ekstrakulikuler. 

"Jadi, tidak ada kesempatan kosong digunakan untuk berpikir negatif. Kami fungsinya menyalurkan kemampuan dan kecerdasan mereka ke arah yang benar," ucapnya. 

Ketua Forwakot Semarang, Adennyar Wicaksono mengatakan, melalui program acara ini diharapkan generasi muda bisa mengenal sosok pemimpin sekaligus mendapatkan motivasi-motivasi langsung dari Wali Kota Semarang. 

Rencananaya, Wali Kota Goes to School ini akan digelar secara rutin dengan menyambangi SMA/SMK yang ada di Kota Semarang. 

"Kami berbagi motivasi kepada generasi muda agar mereka bisa menyalurkan bakatnya sekaligus bisa mempersiapkan menjadi pemimpin yang bijak," ucapnya. 

Siswa juga diajak lebih mengenal Semarang dengan berbagai kuis yang didukung oleh Grab, Alfamart, serta Niku-Niku BBQ and Shabu-Shabu. (eyf)

Baca juga: Darmadi Jadi Kepala BBGP Jateng, Gantikan Nunuk Suryani

Baca juga: 26 Makam Dalam Kota Purwokerto Penuh, Akibat Penataan Kurang Sesuai dan Pembangunan Kijing

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Besok Sabtu 27 Agustus 2022, Capricorn Lelah dan Ingin Berhenti

Baca juga: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Cetak Hattrick Saat Jumpa Tim All Star Jurnalis FC

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved