Berita Slawi

147 Rumah Warga dan Fasilitas Umum Terdampak Bencana Angin Puting Beliung di Pagerbarang Tegal

Sebanyak 147 Warga Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal terdampak bencana angin puting beliung

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebanyak 147 Warga Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi pada Selasa (13/9/2022) kemarin sekitar pukul 14.00 WIB.

Imbas dari bencana alam tersebut, mengakibatkan beberapa genteng rumah warga hancur berserakan, seng beterbangan, pohon tumbang, bangunan ambruk, dan ada satu Alfamart yang mengalami kerusakan cukup parah dibagian depannya.

Bahkan, salah satu bangunan yang rencananya akan digunakan sebagai lokasi pasar di Desa Pagerbarang semua bangunannya ambruk, rata terkena angin puting beliung.

Kepala Desa Pagerbarang, Komariyanto, menjelaskan dari jumlah 147 yang terdampak rinciannya 140 merupakan rumah warga dan 7 sisanya fasilitas umum seperti Alfamart, kantor kecamatan, polsek, sekolah, dan lain-lain. 

Sedangkan dari 140 rumah warga yang terdampak 8 diantaranya mengalami rusak sedang, sementara sisanya rusak ringan seperti atap rusak atau hilang terbawa angin. 

Selain rumah warga, bangunan Alfamart, sekolah, fasilitas umum, dan lain-lain yang rusak, menurut Komar ada bangunan lain juga yang terdampak diantaranya aula kantor kecamatan, kantor pertanian, Polsek Pagerbarang, SD, dan SMAN 1 Pagerbarang.

"Total data yang kami himpun yang terdampak sekitar 147 dengan kerusakan ringan dan sedang. Sementara untuk korban jiwa tidak ada, lebih ke kerugian material karena rumah rusak dan lain-lain," jelas Komariyanto, pada Tribunjateng.com, Rabu (14/9/2022).

Pasca kejadian bencana, warga dibantu relawan, perangkat desa, TNI-Polri, melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, area rumah, evakuasi barang-barang yang masih berserakan, dan penebangan pohon.

Sementara dari BPBD Kabupaten Tegal, Dinas Sosial, PMI Kabupaten Tegal, juga sudah memberikan bantuan baik material seperti asbaes, kayu, dan lain-lain, serta paket sembako.

"Wilayah kami bisa dibilang lumayan sering terjadi angin puting beliung, terakhir tahun 2019, kemudian 2021, dan Selasa kemarin," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved