Opini

Opini Yadi Suryadi: ASN Berakhlak untuk Kemajuan Bangsa dan Negara

APARATUR Sipil Negara (ASN) masih menjadi salah satu profesi primadona yang banyak diburu oleh masyrakat. Berbagai keistimewaan yang ada dalam profesi

Editor: m nur huda
Tribun Jateng
Opini Ditulis Oleh Yadi Suryadi (Dosen Pendidikan IPS Unnes) 

Opini Ditulis Oleh Yadi Suryadi (Dosen Pendidikan IPS Unnes)

TRIBUNJATENG.COM - APARATUR Sipil Negara (ASN) masih menjadi salah satu profesi primadona yang banyak diburu oleh masyrakat. Berbagai keistimewaan yang ada dalam profesi ini menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi banyak orang. Mereka berusaha hingga “berdarah-darah” untuk bisa menempati posisi ini, dan tak sedikit pula yang akhirnya gugur karena tak lolos seleksi.

Perjuangan sangat berat dan panjang merupakan langkah awal yang harus dilalui, sebelum pada akhirnya sah menjadi seorang ASN, yang siap mengabdikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara.Sebagai abdi negara, ASN tentu memiliki fungsi dan tugas yang perlu dilaksanakan.

Fungsi ASN ini telah tercatat dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 10 dan Pasal 11, yaitu sebagai Pelaksana kebijakan publik, Pelayan publik, dan Perekat dan pemersatu bangsa. Sedangkan tugas ASN menurut UU Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 11 yaitu: Pertama, Melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Kedua, Memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas. Ketiga, Mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bangga Melayani Bangsa

Dalam rangka pembentukan karakter ASN yang Profesional dalam melaksanakan pelayanan publik, serta memiliki Nilai-nilai Inti ASN yang sama dalam memperkuat budaya kerja, maka Pemerintah telah memberikan arahan agar seluruh Instansi Pemerintah dan Daerah mengimplementasikan core value (nilai dasar) ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN "Bangga Melayani Bangsa". Melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021, tanggal 26 Agustus 2021, tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN.

Berdasarkan surat edaran tersebut, Lembaga Administrasi Negara telah menetapkan Nilai-nilai Dasar ASN BerAKHLAK menjadi materi yang wajib dipelajari oleh setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam mengikuti pelatihan dasar (Latsar) pada masa percobaan dalam satu tahun. Nilai-nilai Dasar ASN BerAKHLAK, merupakan akronim dari tujuh kata, yakni: Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Adaptif dan Kolaboratif (Keputusan Kepala LAN RI Nomor: 14/K.1/PDP.07/2022).

Beririentasi Pelayanan merupakan nilai pertama yang terkandung dalam BerAKHLAK. Dengan nilai ini seorang ASN dituntut memahami dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selalu bersikap ramah kepada siapa saja, terutama kepada masyarakat. Dapat diandalkan serta cekatan dan dapat memberikan solusi atas masalah-masalah yang ada di masyarakat.

Kedua, Akuntabel, nilai ini dapat dipahami sebagai sikap jujur dan bertanggungjawab, memiliki disiplin dan berintegritas yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas. Berkaitan dengan hal ini dalam tugas-tugas kedinasan, ASN dituntut untuk menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggungjawab, efektif dan efisien.

Kompeten

Ketiga, Kompeten, untuk menjalan tugas dan fungsinya peningkatan kompetensi sangat penting dilakukannya, dengan kompetensi yang semakin baik memungkinkan bagi ASN untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik juga sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Nilai yang keempat adalah Harmonis. Nilai ini tak kalah penting bagi setiap ASN untuk dapat menciptakan dan membangun lingkungan kerja yang kondusif dan harmonis. Kenyamanan dan keharmonisan lingkungan kerja mendorong atau memotivasi ASN untuk lebih produktif dalam bekerja. Selanjutnya Kelima, Loyal, melalui nilai dasar ini ASN harus dapat menjaga nama baik sesama ASN, nama baik pimpinan, nama baik instansi dan tentu saja harus selalu dapat menjaga nama baik negara. Konsekuensi logis dari adanya loyalitas dan kesetiaan adalah setiap ASN harus selalu menjaga rahasia jabatan dan negara.

Kemudian yang Keenam adalah Adaptif. Nilai dasar adaptif dapat dilakukan dengan terus menerus berinovasi dengan mengembangkan kreativitas. Setiap pegawai juga harus selalu bertindak proaktif dan tidak hanya berpangku tangan namun harus responsif dengan berbagai masalah yang berkembang serta mampu menjadi bagian dari solusi dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi organisasi.
Terakhir, yang ketujuh adalah Kolaboratif. Dengan nilai dasar ini, dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya diharapkan ASN mampu berkolaborasi dengan berbagai unsur, baik dalam organisasi maupun diluar organisasi. Keterbukaan dalam bekerja sama, dan mencari solusi bersama akan dapat menghasilkan nilai tambah, dan mempercepat mencapai tujuan bersama.

Teladan Masyarakat

Di tengah berbagai perubahan yang pesat terjadi saat ini, mendorong ASN maupun organisasi birokrasi dapat bergerak cepat, guna mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terjadi. Hadirnya nilai-nilai dasar ASN seperti yang disebutkan di atas akan mampu menjadi kekuatan atau inspirasi bagi seluruh ASN untuk tumbuh maju dan berkembang seirama dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi.

Menjadi ASN yang mampu menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK adalah bukti nyata memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. Negara tidak akan kuat apabila ASN sebagai kaum intelektual tidak mampu menjadi teladan bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Membangun Indonesia tidak harus turun ke jalan dan mengangkat sejata, tetapi bisa dilakukan oleh setiap ASN dengan memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan tugas dan fungsi di lingkungan profesinya masing-masing. Dengan berperan sebagai teladan mulai dari lingkungan terkecilnya, ASN telah turut serta membangun kemajuan bangsa dan negara. melaksanakan kewajibannya sebagai abdi bangsa dan negara. (*/tribun jateng cetak)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved