Berita Semarang

Dukung Transportasi Ramah Disabilitas, Trans Semarang Mulai Sediakan Bus Low Deck

Penggunaan bus low deck ini menjadi perwujudan dari bidang transportasi untuk menyediakan armada yang ramah disabilitas. 

Istimewa/UPTD Trans Semarang
Seorang penyandang disabilitas naik bus low deck Trans Semarang 

TRIBUNJATENG, SEMARANG - Trans Semarang mulai menggunakan bus low deck atau bus dengan lantai rendah untuk mendukung pelayanan kepada kaum disabilitas. 

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengatakan, pihaknya mendukung Semarang sebagai kota inklusi dan ramah disabilitas.

Baca juga: Waktunya BRT Trans Semarang Gunakan BBG, Biaya Operasional Bisa Lebih Ngirit Dibanding Solar

Penggunaan bus low deck ini menjadi perwujudan dari bidang transportasi untuk menyediakan armada yang ramah disabilitas. 

"Bus low deck ini bisa untuk disabilitas. Kaum disabilitas bisa naik langsung dari  bawah, tidak perlu naik dari halte," kata Hendrix, Jumat (16/9/2022). 

Hendrix memaparkan, bus high deck Trans Semarang sebenarnya telah tersedia untuk penumpang prioritas, termasuk disabilitas.

Hanya saja, belum semua kemiringan halte Trans Semarang dalam kategori standar.

Maka, pihaknya menyiasati dengan pengadaan bus yang ramah disabilitas. 

Saat ini, Trans Semarang baru memiliki satu bus low deck yang berada di Koridor 3 dengan kapasitas 30 penumpang termasuk untuk disabilitas. 

"Itu bukan bus low deck murni. Hanya belakangnya saja yang low deck untuk memudahkan disabilitas. Pintu depan masih sama seperti armada yang lain yakni high deck," terangnya. 

Ke depan, Hendrix ingin setiap koridor memiliki bus low deck ramah disabilitas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved