Berita Pekalongan

Pemkot Pekalongan Terapkan Program Bapak Bunda Asuh untuk Tangani Stunting

Pemkot Pekalongan kampanyekan program gerakan Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting.

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad | Editor: sujarwo
Dinkominfo Kota Pekalongan
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid saat memberikan sambutan dalam kegiatan program gerakan Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) di Ruang Amarta Setda, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pemerintah Kota Pekalongan bersama Forkopimda dan stakeholder terkait secara resmi mengampanyekan program gerakan Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS).

Kegiatan tersebut secara langsung dibuka oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid di Ruang Amarta Setda, Kamis (15/9/2022), kemarin.

Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf, mengatakan, angka kasus stunting di Kota Pekalongan dinilai masih cukup tinggi, yakni sebesar 20,9 persen. 

Targetnya pada 2024 sudah turun menjadi 12 persen.

Berbagai upaya juga sudah dilakukan oleh pemerintah, tetapi ke depan memang harus lebih dimaksimalkan

Kegiatan program gerakan Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (15/9/2022), kemarin.
Kegiatan program gerakan Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (15/9/2022), kemarin. (Dinkominfo Kota Pekalongan)

Aaf mengatakan, program baru ini bertujuan untuk melibatkan seluruh pihak di Kota Pekalongan, baik stakeholder maupun masyarakat.

Sehingga bagi yang mampu bisa menjadi donatur dalam memberikan bantuan penanganan stunting.

"Mayoritas anak yang mengalami stunting ini merupakan anak orang kurang mampu. Sehingga perlu bapak asuh, karena sangat berat beban orangtua mereka dalam pemenuhan gizi anaknya jika tidak dibantu. Terlebih saat ini adanya kenaikan BBM," katanya.

Menurut Aaf, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, jumlah anak stunting miskin ada sebanyak 508 anak.

Persebarannya di Kecamatan Pekalongan Barat ada 201 anak, Pekalongan Timur ada 79 anak, Pekalongan Utara 146 anak, dan Pekalongan Selatan ada sebanyak 86 anak. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved