Berita Jateng

Ganjar Menilai Pengelola Jalan Tol Tidak Cepat Dalam memadamkan Api

Petugas dinilai kurang cepat dalam merespon api yang menyebabkan kepulan asap yang mengganggu pengendara di jalan tol.

TRIBUNJATENG/Hermawan Endra
Mobil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung menepi saat melintas di Tol Bawen-Ungaran karena mendapati kepulan asap yang menganggu perjalanan, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menilai cara pengelola jalan tol dalam memadamkan api tidak cepat . 

Hal tersebut dilihatnya saat melintas di Jalan Tol Bawen Ungaran.

" Pas saya turun ada petugas TMJ lagi ada di lapangan. Saat memadamkan hanya digepuki (dipukul) saya kira kurang cepat. Saya bilang disiram saja pakai air," ujarnya,Selasa (20/9/2022). 

Ia menyarankan agar petugas patroli dilengkapi sarana pemadam kebakaran lahan sederhana diantaranya pompa untuk menyedot air atau ember untuk mengambil air. Hal tersebut dirasa cukup untuk langkah awal memadamkan api.

"Saya tadi juga mendapat saran pakar untuk bekerjasama dengan KNKT agar kami lakukan edukasi. Biasanya sebelum hujan masyarakat membersihkan lahan itu cara yang membahayakan," tuturnya.

Baca juga: Polda Jateng Keluarkan Sejumlah Himbauan Antisipasi Kebakaran Lahan di Dekat Jalan Tol

Dirinya meminta kepada kepala daerah baik Walikota maupun Bupati yang wilayahnya dilewati agar intens melakukan pengamanan. Selain itu juga melakukan edukasi petani maupun masyarakat sekitar.

" Eh kemarin saya lewat (tol Bawen Ungaran) nemu. Saat kejadian saya tidak tahu itu tanahnya jalan tol atau tidak. Merasa tanah itu nganggur dan ingin memanfaatkan tidak izin cara membakar," tutur dia.

Kejadian itu, menurutnya dapat terjadi di wilayah lain. Rata pelaku pembakaran tidak tahu dampak yang diakibatkan berbahaya. Oleh sebab itu dirinya meminta agar terus melakukan patroli di sekitar jalan tol.

"Kalau perlu pakai drone langsung apinya kelihatan dan segera dipadamkan," tuturnya.

Disisi lain Polda Jateng keluarkan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar ilalang setelah terjadi tabrakan beruntun akibat asap di  ruas tol Pejagan - Pemalang.

Baca juga: Kapolres Semarang Mendadak Turun di Jalan Tol Saat Melihat Kepulan Asap

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved