HUT Kabupaten Kudus

Pemkab Kudus Bangun 3 Jembatan dan Jalan di Wilayah Pinggiran

Pemkab Kudus berhasil melaksanakan beberapa pembangunan infrastruktur pada 2022.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Istimewa
Ilustrasi. Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kudus Arief Budi Siswanto, meninjau perbaikan tanggul jebol pada hari Kamis (7/1/2021). 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus telah berhasil melaksanakan beberapa pembangunan infrastruktur pada 2022.

Meski dengan segala keterbatasan anggaran yang ada, pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tercatat berhasil membangun sejumlah jembatan dan jalan prioritas, utamanya di wilayah Kudus bagian pinggiran.

Kepala DPUPR Kudus, Arief Budi Siswanto mengatakan, pada tahun ini ada empat pembangunan prioritas di Bidang Bina Marga. Meliputi, pembangunan jembatan di tiga lokasi, dan pembangunan satu ruas jalan di daerah pinggiran.

Dia merinci, pembangunan jembatan pertama penghubung Sidorekso - Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 6,3 miliar.

Jembatan sepanjang 45 meter itu ditarget rampung Oktober mendatang, dengan harapan bisa digunakan sebagai jalur alternatif Kudus-Jepara. 

Sementara itu, pembangunan jembatan kedua dan ketiga penghubung Berugenjang-Wonosoco dan Berugenjang-Wonosoco 2 dengan menggunakan anggaran DAK dan BanGub.

Masing-masing senilai Rp 4,2 miliar dan Rp 3,8 miliar sebagai penghubung antar desa dan antar kecamatan. 

Pihak DPUPR Kudus juga membangun jalan penghubung Menawan - Rahtawu, Kecamatan Gebog sepanjang 2,4 kilometer dengan anggaran senilai Rp 4,8 miliar. 

Arief menegaskan, keempat pembangunan tersebut dilaksanakan dengan anggaran dana non-APBD dengan melihat sisi urgensitas untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Kudus wilayah pinggiran. 


"Untuk pembangunan dengan menggunakan APBD hanya ada 1 pekerjaan jalan. Rencananya nanti ada satu pekerjaan lagi berupa pembongkaran median jalan di Jalan Lukmono Hadi - Jalan Dr Ramelan (jalur lambat) sepanjang 700 meter dengan anggaran APBD Perubahan," terangnya, Kamis (22/9/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved