Kawasan Jatengland Demak Jadi Magnet Investor China Bangun Pabrik Diapers Makuku di Indonesia

Jatengland Industrial Park di Sayung, Demak menjadi jujukan perusahaan diapers asal China untuk berinvestiasi di Jawa Tengah.

Editor: rival al manaf
Istimewa
Pembangunan pabrik Makuku di Jatengland, Demak 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Jatengland Industrial Park di Sayung, Demak menjadi jujukan perusahaan diapers asal China untuk berinvestiasi di Jawa Tengah.

Pabrik diapers asal Tiongkok Makuku membangun pabrik pertamanya di Indonesia di lokasi tersebut.

Pabrik pertama yang didirikan oleh Makuku memiliki luas sebesar 50.000 meter persegi dengan perencanaan kapasitas produksi 40 Juta RMB pada Mei 2023.

"Tipe produk yang akan diproduksi oleh pabrik ini adalah Makuku SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort tipe perekat dan celana," terang CEO Makuku, Jason Lee dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya mereka telah melaunching produk mereka dalam Roadshow 2022 di 10 kota besar Indonesia pada bulan oktober lalu.

10 kota yang dipilih sebagai lokasi Makuku Diapers Pro Care Roadshow 2022 yaitu Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Bogor, Bandung, Medan, Tangerang, Surabaya, Bali, dan Makassar.

Jason Lee mengklaim Pabrik Makuku yang akan didirikan merupakan pabrik non limbah dan memiliki sistem pembuangan limbah yang komprehensif.

"Tidak ada air yang dibutuhkan dalam proses produksi. Limbah domestik akan dibuang setelah pengolahan limbah pada pabrik."

"Selain itu, peralatan bengkel akan dilengkapi dengan peralatan penghilang debu berkualitas terbaik sehingga, udara yang dihasilkan dapat membantu mencapai tingkat kebersihan udara alami," tandasnya.

Ia menjelaskan pembangunan pabrik ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan popok yang sangat besar di Indonesia.

Badan Pusat Statistik mencatat anak berusia 0-4 tahun di Indonesia berjumlah 22,45 juta jiwa.

Angka ini cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia sebesar 272,682 juta jiwa.

Sementara itu, usia ideal penggunaan popok pada bayi yang disarankan adalah hingga usia 2,5 tahun.

Terpisah Camat Karang Tengah, Kabupaten Demak, Mulyanto, menyampaikan, pertumbuhan industri saat ini sudah semakin meningkat, seperti yang ada di Kawasan Karang Tengah, Demak.

"Kami menyambut baik pembangunan pabrik di lokasi ini dan kali ini dari Makuku. Kami sampaikan terima kasih karena telah memilih Kawasan Karang Tengah, Demak sebagai lokasi pabrik."

"Semoga pembangunan pabrik ini memberikan harapan baru bagi masyarakat untuk peningkatan ekonomi dan mengadopsi tenaga kerja di daerah kami, Kawasan Karang Tengah dan Demak.” imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved