Berita Karanganyar

KPU Karanganyar Buka Pendaftaran PPK, Sudah Ada 327 Orang Pendaftar

Sebanyak 327 orang mendaftarkan diri dalam perekrutan Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK). KPU Karanganyar.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
KPU Karanganyar menggelar acara sosialisasi pembentukan badan AdHoc penyelenggara Pemilu 2024 di Hotel Taman Sari Karanganyar, Senin (21/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 327 orang mendaftarkan diri dalam perekrutan Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK). KPU Karanganyar.

Divisi perencanaan data dan informasi KPU Karanganyar, Kustiyono menyampaikan, pendaftaran PPK dimulai pada 20-24 November 2022. Sedangkan tahap pengumpulan berkas pendaftaran dimulai pada 20-29 November 2022.

Adapun kebutuhan PPK di wilayah Kabupaten Karanganyar sebanyak 85 orang karena masing-masing kecamatan ada 5 anggota PPK.

"Hingga siang ini ada 327 pendaftar PPK," katanya kepada Tribunjateng.com di sela acara sosialisasi pembentukan badan AdHoc penyelenggara Pemilu 2024 di Hotel Taman Sari, Senin (21/11/2022).

Dia menuturkan, pendaftaran PPK kali ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi Siakba. Kendati demikian apabila calon pendaftar mengalami kesulitan saat pendaftaran secara online dapat mendatangi Kantor KPU Karanganyar.

Kus sapaan akrabnya menjelaskan, aplikasi Siakba telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sehingga calon pendaftar yang kedapatan terdaftar sebagai anggota parpol otomatis tidak akan lolos seleksi administrasi.

"Sesuai ketentuan, anggota PPK tidak boleh terdaftar sebagai anggota parpol. Dari jumlah pendaftar hingga saat ini ada beberapa yang terindikasi terdaftar sebagai anggota parpol," ungkapnya.

Ada tiga tahapan perektutan PPK mulai tahap seleksi administrasi, tahap tes tertulis menggunakan sistem CAT dan tahap wawancara. Dia menjelaskan, batas usia bagi pendaftar anggota PPK yakni minimal 17 tahun dan maksimal 54 tahun.

"Perbedaan paling signifikan dalam tahap perekrutan kali ini dibanding 2019 yakni tidak ada periodesasi dalam pembentukan badan AdHoc. Kalau 2019 kemarin itu sudah 2 kali periode tidak bisa mendaftarkan diri tapi kali ini bisa," jelasnya. (Ais).

Baca juga: Rumah Milik Warga Cimanggu Terbakar, Perabot Beserta Dua Motor HangusĀ 

Baca juga: Hasil Futsal SIWO PWI Jawa Tengah U-27 dan U-40 di Porwanas 2022 Malang pada Laga Perdana

Baca juga: Rektor Lantik Dekan, Kepala Biro Umum & Keuangan, Dan Sekretaris LPPM

Baca juga: Terungkap 3 Hal yang Bikin Nikita Mirzani Dipenjara

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved