Berita Sukoharjo

Pemkab Sukoharjo Gelar Lomba Mural dan Pidato Bahasa Jawa Tema Pahlawan

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sukoharjo menggelar Lomba Mural dan Lomba Pidato Kepahlawanan Bahasa Jawa

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul Muzaky
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengunjungi Lomba Mural dan Lomba Pidato Kepahlawanan Bahasa Jawa di Alun-Alun Satya Negara, Minggu (20/11/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO -- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sukoharjo menggelar Lomba Mural dan Lomba Pidato Kepahlawanan Bahasa Jawa di Alun-Alun Satya Negara, Minggu (20/11/2022). Ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2022. 

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Etik Suryani dan dihadiri oleh Sekda Widodo dan sejumlah pejabat Pemkab Sukoharjo.

Bupati menyampaikan, kemerdekaan yang dirasakan saat ini bukan datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan luar biasa dari pendahulu negeri. 

Seperti lewat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan.

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja, namun lebih dari itu bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya,” ujar Bupati.

Menurutnya, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi generasi kini untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan. 

Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini.

Untuk itu, Bupati mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Lomba Mural Kepahlawanan, dan Lomba Pidato Kepahlawanan Bahasa Jawa yang dilaksanakan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda agar mampu meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa. 

"Semoga dapat memberikan energi tambahan untuk terus berkarya mengisi kemerdekaan melalui bidang seni dan budaya,” ujarnya.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan pertunjukkan Kenari Perpus Performance Art. Kenari Perpus Perfomance Art adalah salah satu program layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial berupa kelas tari yang melibatkan pelajar SD/MI dalam bidang seni tari.

Kegiatan Kenari Perpus Perfomance Art bagian dari upaya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo untuk ikut  melestarikan seni tari di kalangan anak-anak di Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan ini melibatkan 25 penari dari program Kenari Perpus (Kelas Tari Perpustakaan) yang berasal dari 5 sekolah dasar. (*)

Baca juga: Desa Sambongrejo Raih Juara I di Festival Desa Wisata Blora 2022

Baca juga: BNPB: 2 Warga Meninggal Dampak Gempa Cianjur M 5,6

Baca juga: GEMPA CIANJUR : Rumah Warga hingga Bangunan Sekolah Runtuh

Baca juga: Kebutuhan Garam Industri Banyak Andalkan Impor, Petani Garam Dorong Pemerintah Bantu Fasilitas

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved